Sudah Terima Nama Pengganti Lili Pintauli dari Presiden, DPR Bakal Proses Pekan Depan

| 20 Sep 2022 15:43
Sudah Terima Nama Pengganti Lili Pintauli dari Presiden, DPR Bakal Proses Pekan Depan
Lili Pintauli Siregar (Antara)

ERA.id - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengaku pihaknya sudah menerima surat presiden (surpres) tentang pengganti Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar.

Dasco bilang, surpres tersebut diterima sekitar hari Kamis (15/9) pekan lalu.

"Diterimanya kalau enggak salah, Kamis, nanti kita akan umumkan," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/9/2022).

Namun, Surpres tersebut memang belum dibacakan dalam rapat paripurna hari ini lanataran belum diproses dalam rapat pimpinan (Rapim). Dasco bilang, kemungkinan surpres akan dibahas pekan depan.

Dasco menjelakan, setelah rapim, supres pengganti Lili akan dibacakan dalam rapat paripurna DPR RI pekan depan, kemudian akan ditindaklanjuti oleh Komisi III DPR RI sebagai mitra kerja KPK.

"Kita baru akan mengagendakan pemebahasan di pekan depan. Jadi nanti hari Senin (26/9) itu ada rapim, lalu penugaskan kepada Komisi III," kata Dasco.

Terkait siapa nama yang diusulkan oleh Presiden Joko Widodo untuk menggantikan Lili Pintauli, Dasco mengaku belum membaca surpres yang dikirimkan ke DPR.

"Namanya saya belum lihat suratnya," kata Dasco.

Sebelumnya, Menseseg Pratikno mengatakan bahwa surat presiden terkait pengganti Lili Pintauli sebagai wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah dikirimkam ke DPR.

"Sudah disampaikan ke DPR surpresnya, ada surpresnya sudah disampaikan ke DPR," kata Pratikno di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (19/9).

Pratikno tidak menjelaskan detail kapan waktu surpres dikirim. Dia hanya menyebut bahwa pemerintah telah mengirimkan surpres sejak satu minggu lalu.

"Sudah semingguan yang lalu," kata Pratikno.

Rekomendasi