Betapa Elegannya Tampilan Mobil Listrik di Parkiran Gedung DPR RI

| 30 Sep 2022 14:45
Betapa Elegannya Tampilan Mobil Listrik di Parkiran Gedung DPR RI
Puluhan mobil listrik merek 'Hyundai Ionic 5' berwarna hitam, berjajar rapi di area parkir Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. (Gabriella Thesa/ERA.id)

ERA.id - Puluhan mobil listrik merek 'Hyundai Ionic 5' berwarna hitam, berjajar rapi di area parkir Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengatakan, mobil itu akan digunakan para delegasi kegiatan 8th G20 Parliamentary Speakers’ Summit (P20) pada 5-7 Oktober 2022.

"Akan digunakan juga di G20 November mendatang," kata Indra saat dikonfirmasi, Jumat (30/9/2022).

Ada 55 unit mobil listrik yang akan digunakan selama kegiatan P20. Adapun kendaraan itu bukan dibeli oleh DPR RI, melainkan pinjaman dari PT Hyundai.

Di samping itu, penggunaan mobil listrik tersebut sekaligus menjadi ajang kampanye DPR RI tentang isu lingkungan.

"Ini wujud komitmen dan dukungan DPR RI untuk terus mengkampanyekan ramah lingkungan dan menghargai karya anak bangsa. Karena mobil listrik tersebut dirakit di Indonesia," kata Indra.

Diketahui, salah satu sub tema yang diangkat dari Sidang P20 tersebut terkait energi baru dan terbarukan serta perubahan iklim.

Smeentara kendaraan listrik merupakan wujud impelementasi ramah lingkungan dan dapat mengurangi emisi gas rumah kaca.

"DPR RI ingin agar parlemen dapat menjadi garda terdepan dalam mengimplementasikan komitmen internasional dalam kaitannya perubahan iklim dan energi terbarukan. DPR RI ingin negara-negara G20 dan negara undangan tuan rumah mengetahui bahwa Indonesia juga telah dapat memproduksi kendaraan listrik," papar Indra.

Untuk sumber listrik yang akan memberikan daya (charging) kendaraan listrik tersebut berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang sudah terpasang di Kompleks Parlemen.

Panel surya pada PLTS berlokasi tepatnya di Taman Energi DPR yang berada di depan Gedung Nusantara. Pembangunan panel surya dan taman energi, mengusung konsep green building.

PLTS yang dibangun di Taman Energi itu juga, dapat memenuhi 25 persen kebutuhan listrik di gedung DPR RI. "DPR sudah siapkan titik-titik charging mobil listrik di kompleks DPR untuk antisipasi ke depan untuk penggunaab kendaraan listik," kata Indra.

Berdasarkan pantauan ERA, kurang lebih terdapat 30 unit mobil listrik 'Hyundai Ionic 5' yang terparkir di area parkir yang sebelumnya digunakan untuk parkir bis-bis DPR RI.

Sementara bis-bis DPR RI untuk sementara dipindahkan ke area parkir di samping belakang masjid DPR RI. Beberapa Pengamanan Dalam (Pamdal) mengaku, puluhan unit mobil listrik itu baru tiba pada Kamis (29/9) malam.

Rekomendasi