'Buntut' Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Perintahkan PSSI untuk Hentikan Sementara Liga 1

| 02 Oct 2022 11:40
'Buntut' Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Perintahkan PSSI untuk Hentikan Sementara Liga 1
Jokowi (Dok. Instagram Jokowi)

ERA.id - Ratusan orang tewas dari tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur (Jatim). Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun memerintahkan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk menghentikan sementara Liga 1.

"Untuk itu saya juga memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan," kata Jokowi dilihat di YouTube Sekretaris Presiden, Minggu (02/10/2022).

Jokowi juga memerintahkan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan untuk melakukan evaluasi menyeluruh tentang pelaksanaan pertandingan sepak bola dan prosedur pengamanan penyelenggaraannya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga memerintahkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa untuk memonitor pelayanan kesehatan ke korban tragedi sepak bola di Stadion Kanjuruhan.

"Khusus kepada Kapolri, saya minta melakukan investigasi dan mengusut tuntas kasus ini," ucapnya.

Jokowi mengucapkan duka cita mendalam ke seluruh korban dan keluarga korban dari peristiwa ini. Dia menyesalkan terjadinya tragedi ini dan ingin agar peristiwa ini menjadi yang terakhir di Indonesia.

"Jangan sampai ada lagi tragedi kemanusiaan seperti ini di masa yang akan datang. Sportifitas, rasa kemanusiaan dan rasa persaudaraan bangsa Indonesia harus terus kita jaga bersama," jelas Jokowi.

Rekomendasi