Cegah Banjir, Heru Budi Siapkan Strategi Termasuk Lanjutkan Program Sumur Resapan Anies

| 13 Oct 2022 10:00
Cegah Banjir, Heru Budi Siapkan Strategi Termasuk Lanjutkan Program Sumur Resapan Anies
Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono (Sachril Agustin Berutu/Era.id)

ERA.id - Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono akan dilantik sebagai Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pada pekan depan di tengah musim penghujan.

Ancaman banjir bakal menjadi tantangan pertamanya menjadi pemimpin di ibu kota negara.

Menanggapi hal tersebut, Heru mengaku bukan kali pertama dia dilantik sebagai kepala daerah di tengah musim banjir.

"Saya juga waktu dilantik wali kota (Jakarta Utara) tahun 2014 pas banjir-banjrinya," kata Heru di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/10/2022).

Heru mengatakan, isu banjir di Jakarta ini merupakan salah satu pesan yang dititpkan Presiden Joko Widodo jika sudah resmi memimpin DKI Jakarta selama dua tahun mendatang.

Sebagai kepala daerah pengganti sementara, Heru memastikan akan meneruskan program-program dari gubernur terdahulu.

"Terkait dengan banjir, tentunya semua gubernulah sudah menanggulangi ini dan saya akan lanjutkan program-program yang memang untuk penanggulan banjir," kata Heru.

Program-program yang akan diteruskan diantaranya yaitu normalisasi sungai. Namun, jika nantinya tidak memungkinkan, Heru berencana menggunakan sistem pompa bergerak.

Heru mengatakan, akan mengajak kementerian terkait untuk memperlanjar program-program penanganan banjir.

"Misalnya normalisasi dan beberapa poin misalnya nanti tempat-tempat tertentu yang memang tidak bisa salurannya atau sungai dinormalisasi itu bisa kita bikin sistem polder, rumah pompa atau kendaraan pompa gerak," papar Heru.

"Dan tentunya nanti saya akan berkoordinasi dengan kementerian terkait," imbuhnya.

Selain itu, Heru juga akan meneruskan program sumur resapan yang merupakan warisan dari Anies Baswedan. Menurutnya, program itu tidaklah seburuk yang dinilai publik.

"Sumur resapan itu tentunya tidak buruk juga. Sumur resapan bisa di tempat-tempat tertentu," kata Heru.

Heru lantas mencontohkan lokasi yang cocok untuk ditempatkan sumur resapan yaitu kawasan Jakarta Selatan. Sebab, topografi daerah itu berbentuk cekung.

"Jakarta Selatan itu karena dia cekung kan kalau sungai di atas, dia di bawah kita harus bikin sumur resapan. Itu nanti kita lihat," kata Heru.

Heru mengatakan, pada dasarnya semua program yang dibuat gubernur terdahulu, termasuk Anies untuk menangani bajir Jakarta sudah cukup baik.

Sebab, program dibuat dengan menggandeng dinas yang sudah berpengalaman.

Lebih lanjut, Heru juga sudah berkomunikasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum/Pekerjaan Rumah (PUPR) untuk membantunya mengatasi banjir di Jakarta.

"Ya kita ke lapangan bersama kementerian PU, saya sudah komunikasi. Yang mana bisa kita tanggulangi cepat ya kita lihat per lokasi," kata Heru.

"Saya juga sudah bicara dengan Pak Ketua DPRD untuk kita sama-sama lihat untuk mempercepat. Yang mana bisa kita percepat kita percepat," ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono terpilih sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta.

Hal ini diputuskan Jokowi dalam rapat Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin langsung oleh Jokowi di Istana Merdeka.

Pj Gubernur DKI Jakarta akan mulai menjabat pada 17 Oktober 2022 hingga Gubernur DKI yang terpilih dari Pilkada 2024 dilantik.

Rekomendasi