Sepakat Transformasi Sepak Bola Indonesia, Jokowi dan FIFA Kaji Ulang Standar Keamanan hingga Kelayakan Stadion

| 18 Oct 2022 15:40
Sepakat Transformasi Sepak Bola Indonesia, Jokowi dan FIFA Kaji Ulang Standar Keamanan hingga Kelayakan Stadion
Jokowi (Dok. Instagram Jokowi)

ERA.id - Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) Gianni Infantino di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10).

Dalam pertemuan itu, Jokowi dan Gianni sepakat melakukan transformasi sepak bola di Indonesia. Hal ini buntut dari tragdi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur pada Sabtu (1/10) dan menewaskan 132 orang.

"Kami bersepakat untuk melakukan transformasi sepak bola Indonesia secara menyeluruh," kata Jokowi dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (18/10/2022).

Salah satu bentuk transformasi yang akan dilakukan yaitu terkait dengan aspek keamanan baik untuk pemain maupun penonton. Jokowi menegaskan, keamanan selama pertandingan harus sesuai standar dari FIFA.

"Memastikan semua aspek pertandingan berjalan sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan oleh FIFA, baik pemain maupun penonton harus terjamin keamanan dan keselamatannya," kata Jokowi.

Pemerintah dan FIFA, kata Jokowi, juga akan mengkaji ulang kelayakan stadion yang digunakan untuk pertandingan sepak bola. Serta menambah sejumlah teknologi untuk memitigasi potensi kejadian tak terduga yang dapat mengancam pemain maupun penonton.

"Kita sepakat mengkaji kembali kelayakan stadion dan juga menerapkan teknologi untuk membantu memitigasi aneka potensi yang membahayakan penonton maupun pemain," kata Jokowi.

Untuk memastikan proses transformasi berjalan sesuai standar yang ditetapkan, Jokowi mengatakan, pemerintah dan FIFA juga akan mengkaji ulang para pemangku kepentingan persepakbolaan di Indonesia

"Kami juga secara bersama-sama mengkaji ulang para pemangku kepentingan persebakbolaan Indonesia. Pemerintah bersama dengan FIFA ingin memastikan proses transformasi sepak bola Indonesia berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan," kata Jokowi.

Jokowi berharap, dengan kesepakatan antara pemerintah dan FIFA ini dapat dijadikan momentum untuk memperbaiki sistem sepak bola di Indonesia. Sehingga bisa menjadi suatu olah raga yang bisa menjadi kebanggaan di masa mendatang.

"Dan tampil lebih baik lagi di masa yang akan datang," pungkasnya.

Rekomendasi