Piala Dunia U20 Tetap Digelar di Indonesia, Jokowi: Harus Dipastikan Berjalan dengan Standar FIFA

| 18 Oct 2022 15:55
Piala Dunia U20 Tetap Digelar di Indonesia, Jokowi: Harus Dipastikan Berjalan dengan Standar FIFA
Presiden Joko Widodo saat menerima kunjungan FIFA (tangkapan layar)

ERA.id - Presiden Joko Widodo memastikan gelaran Piala Dunia U20 2023 tetap diadakan di Indonesia. Oleh karenanya, pemerintah memastikan akan melangsungkan pertandingan sepak bola berkelas internasional itu dengan baik.

Hal itu disampaikan Jokowi setelah bertemu dengan Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) Gianni Infantino di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022).

"Pemerintah bersama FIFA bersekapat untuk memastikan pertandingan Piala Dunia U20 di Indonesia dapat berjalan dengan baik," ujar Jokowi.

Terkait dengan tahapan persiapan hingga pelaksanaan, Jokowi memastikan akan dilakukan sesuai dengan standar dari FIFA dan ditangani secara profesional.

"Semua segi persiapan sampai dengan pelaksanaannya harus dipastikan berjalan sesuai dengan standar FIFA dan ditangani secara baik dan secara profesional," kata Jokowi.

Adapun pertemuan Jokowi dengan Gianni untuk membicarakan tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur yang menewaskan 132 orang. Atas adanya peristiwa itu, pemerintah dan FIFA sepakat melakukan transformasi sepak bola di Indonesia.

Salah satunya yaitu mengkaji ulang pemangku kepentingan sepak bola Indonesia usai peristiwa Tragedi Kanjuruhan.

Jokowi menilai, Tragedi Kanjuruhan itu harus dijadikan momentum perbaikan sepak bola Indonesia.

"Dengan demikian, mari kita jadikan kesepakatan ini sebagai momentum perbaikan sistem persepakbolaan Indonesia, agar sepak bola Indonesia menjadi kebanggaan nasional dan tampil lebih baik lagi di masa yang akan datang," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memastikan FIFA tidak akan mengenakan sanksi kepada sepak bola di Indonesia setelah adanya Tragedi Kanjuruhan.

Kepastian itu didapatkan Jokowi setelah menerima surat dari FIFA tertanggal 5 Oktober 2022 yang ditandatangani langung oleh Presiden FIFA Gianni Infantino.

"Kemarin saya telah menerima surat dari FIFA, ini adalah tindak lanjut dari hasil pembicaraan saya per telepon dengan Presiden FIFA Gianni Infantino pada 3 Oktober 2022 yang lalu," kata Jokowi dalam keteran video yang diunggah di YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (7/10/2022) malam.

"Dan berdasarkan surat tersebut, Alhamdullah, sepak bola di Indonesia tidak dikenakan sanksi oleh FIFA," tegasnya.

Rekomendasi