Jokowi: Stadion Kanjuruhan Kita Runtuhkan, Lalu Dibangun Lagi Sesuai Standar FIFA

| 18 Oct 2022 17:24
Jokowi: Stadion Kanjuruhan Kita Runtuhkan, Lalu Dibangun Lagi Sesuai Standar FIFA
Stadion Kanjuruhan (Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo mengatakan, pemerintah akan meruntuhkan Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur pasca tragedi pada 1 Oktober 2022 yang menewaskan 132 orang.

Rencana itu sudah disampaikan Jokowi kepada Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) Gianni Infantino dalam pertemuan terutup di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022).

"Tadi saya menyampaikan, dan FIFA mengapresiasi untuk Stadion Kanjuruhan di Malang akan kita runtuhkan," kata Jokowi.

Nantinya, Stadion Kanjuruhan akan dibangun kembali namun disesuaikan dengan standar dari FIFA.

"Dan kita bangun lagi sesuai dengan standar FIFA," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap, Stadion Kanjuruhan yang nantinya bakal direnovasi ulang itu bisa menjadi contoh bagi stadion lainnya di Indonesia. Khususnya dalam hal fasilitas-fasilitas dan standar keamanan untuk penonton dan juga pemain.

"Sebagai sebuah contoh standar stadion dengan fasilitas-fasilitas yang baik, menjamin keselamatan penonton maupun yang pemain dan juga untuk suporter. Saya rasa itu," kata Jokowi.

Selain masalah struktur stadion, perbincangan antara Jokowi dan FIFA juga membahas manajemen keamanan, manajemen security dan berfokus pada standar keamanan dalam stadion.

"Kita berbicara mengenai yang berkaitan dengan manajemen stadion, utamanya yang berkaitan dengan fasilitas-fasilitas yang ada di stadion, standarnya seperti apa," pungkasnya.

Rekomendasi