Pastikan Fomepizol Ampuh Obati Gagal Ginjal Anak, Menkes: Yang Tadinya Tidak Sadar, Kini Mulai Sadar Kembali

| 24 Oct 2022 17:44
Pastikan Fomepizol Ampuh Obati Gagal Ginjal Anak, Menkes: Yang Tadinya Tidak Sadar, Kini Mulai Sadar Kembali
Wakil Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (tangkapan layar)

ERA.id - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyatakan selain mengimpor dari Singapura dan Australia, pemerintah RI juga akan mendatangkan obat gagal ginjal akut Fomepizol dari Amerika dan Jepang.

Budi Gunadi Sadikin mengatakan saat ini pemerintah dalam proses membeli obat-obatan tersebut dari kedua negara itu.

Menurut dia, Fomepizol ampuh dalam mengobati pasien anak yang mengalami gagal ginjal.

Dari 10 pasien yang mengalami penyakit, 7 di antaranya membaik karena obat gagal ginjal itu.

"Yang awalnya pasien itu ginjalnya terganggu, ga bisa kencing, begitu dikasih obat sudah mulai keluar sedikit demi sedikit, ada yang mulai banyak dan yang tadinya tidak sadar mulai sadar kembali," jelas Budi Gunadi Sadikin pada Senin (24/10/2022) dalam konferensi pers di Istana Bogor, Jawa Barat.

"Sehingga kita simpulkan obat ini memberi dampak positif sehingga kita akan percepat kedatangablnnya ke indo sehingga 245 yang masuk dan mungkin akan bertambah sedikit bisa kita obati dengan baik," tambah dia.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan sudah menemukan obat dari gagal ginjal akut. Obat tersebut didatangkan dari Singapura.

"Sekarang sudah ditemukan obatnya, RSCM sebagai tim ahli ginjal nasional kita datangkan obatnya dari Singapura," ujar Menkes Budi lewat Youtube FMB9ID_IKP, dikutip Kamis (21/10/2022).

Ia menyebutkan dari enam pasien yang diberikan obat tersebut, sebanyak empat pasien menampakkan hasil yang responsif terhadap pemberian obat tersebut. Sehingga obat tersebut akan langsung didatangkan dalam jumlah yang cukup banyak.

"Untuk bisa disebarkan di seluruh rumah sakit. Karena ini kejadiannya sudah teridentifikasi di 20 provinsi di seluruh Indonesia dengan totalnya lebih dari 200," katanya.

Ia memastikan obat tersebut juga sudah dites dengan sampel tertentu. Ia mengklaim hasilnya aman dn relatif menyembuhkan.

"Sehingga mudah-mudahan bisa memberikan perlindungan bagi balita-balita kita kalau terkena racun ini," kata Budi.

Rekomendasi