Koalisi Perubahan Siapkan 6 Simulasi Cawapres untuk Anies, Termasuk AHY dan Aher

| 01 Nov 2022 17:33
Koalisi Perubahan Siapkan 6 Simulasi Cawapres untuk Anies, Termasuk AHY dan Aher
Anies Baswedan dan AHY (Instagram agusyudhoyono)

ERA.id - Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengaku, tim kecil Koalisi Perubahan membuat simulasi enam nama calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Anies Baswedan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Termasuk nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Ahmar Heryawan atau Aher.

"Mas AHY di exercise, Aher di exercise, yang lain-lain di exercise," kata Willy di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/11/2022).

Menurut Willy, tim kecil telah memetakan nama A hingga F untuk disimulasikan menjadi cawapres Anies. Keenam nama itu pun sudah diajak komunikasi.

"Kita punya peta, jika A gimana, jika B gimana, sampai F. A, B, C, D, E, F kita simulasi. Keenamnya itu diajak ngobrol, ada tim yang datang," ungkapnya.

Namun, Willy belum mau membocorkan siapa-siapa saja nama yang sudah dipetakan itu. Dia mengatakan, jika sudah mendakati kepastian pasti akan dibuka untuk publik.

"Jangan sekarang lah, nanti kalau kita buka semua, kalau sudah 90 persen baru kita buka. Tapi setidaknya ada beberapa nama yang terus menerus dikomunikasikan, terus menerus dibangun chemistry, baik lahir maupun batin," paparnya.

Wakil ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI itu menambahkan, keenam nama yang ada merupakan cawapres popular yang kerap masuk 10 besar tertinggi di survei. Meski begitu, koalisi tidak sebatas memperhitungkan sosok cawapres dengan elektabilitas tinggi. Melainkan juga mencari yang sesuai dengan kriteria.

"Ya kalau dalam survei ada big 10, tapi di luar itu, ya beberapa variabel penting ya. Ya teman-teman tahu lah siapa yang ada di dalam radar, dan tidak terlalu jauh," kata Willy.

Rekomendasi