Besok, Polisi Periksa Lagi Ketum PSSI Iwan Bule Terkait Tragedi Kanjuruhan

| 02 Nov 2022 09:12
Besok, Polisi Periksa Lagi Ketum PSSI Iwan Bule Terkait Tragedi Kanjuruhan
Ketum PSSI Iwan Bule (Antara)

ERA.id - Polri bakal kembali memeriksa Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan atau Iwan Bule sebagai saksi terkait kasus tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

"Kemudian Kamis, (3/11/2022) akan dilakukan pertama pemeriksaan tambahan saksi ketua umum PSSI," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Nurul Azizah kepada wartawan, Selasa (01/11/2022).

Selain pemeriksaan terhadap Iwan Bule, Nurul menambahkan Polri juga akan melakukan pemeriksaan saksi ahli dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) di hari yang sama

"(Lalu) rencana pada hari Rabu (2/11/2022) akan melakukan pemeriksaan terhadap ahli hukum pidana," tambahnya.

Dia menerangkan Polri juga bakal melakukan proses ekshumasi atau pembongkaran jenazah dua korban Tragedi Kanjuruhan pada Sabtu (5/11/2022) depan. Diketahui, proses ekshumasi sebelumnya batal dilakukan.

"Kemudian rencana hari Sabtu tanggal 5 November 2022 rencana akan dilaksanakan ekshumasi oleh tim Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia wilayah Jawa Timur di TPU Desa Sukolilo, Kabupaten Malang," kata Nurul.

Nurul mengatakan proses ekshumasi itu akan dipantau langsung oleh Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Komnas HAM, Kompolnas, hingga Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF).

Sebelumnya, pada Sabtu (1/10) terjadi kericuhan usai pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya dengan skor akhir 2-3 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Kekalahan itu menyebabkan sejumlah suporter turun dan masuk ke dalam area lapangan.

Akibat kejadian itu, sebanyak 135 orang dilaporkan meninggal dunia akibat patah tulang, trauma di kepala, leher, dan asfiksia atau kadar oksigen dalam tubuh berkurang. Selain itu, dilaporkan ada ratusan orang yang mengalami luka ringan dan berat.

Rekomendasi