Jokowi Bilang Beri Restu ke Prabowo, Gerindra: Itu Bentuk Dukungan Pencapresan

| 02 Nov 2022 16:08
Jokowi Bilang Beri Restu ke Prabowo, Gerindra: Itu Bentuk Dukungan Pencapresan
Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto (Dok Sekretariat Presiden)

ERA.id - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo yang memberi restu kepada Prabowo Subianto.

Menurut Dasco, restu itu berkaitan dengan calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dan di bidang pertahanan.

"Saya pikir, yang dimaksud dukungan itu ya pencapresan, ya pertahanan kerja-kerja yang dilakukan Pak Prabowo selama ini," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/11/2022).

Terkait dengan Pilpres 2024, Dasco mengaku sejak awal Prabowo sudah meminta izin untuk maju lagi sebagai calon presiden. Menurutnya, Jokowi juga memberikan lampu hijau.

"Pak Prabowo sudah menyampaikan bahwa ada keinginan seluruh kader di Partai Gerindra untuk mencapreskan, sehingga Pak Prabowo minta izin kepada presiden, dan waktu itu, pak presiden sudah menyatakan silahkan," paparnya.

Wakil ketua DPR RI menambahkan, Prabowo dan Jokowi juga kerap berkomunikasi, khususnya membahas kinerja Kementerian Pertahanan. Namun, tidak dipungkiri juga membahas soal Pilpres 2024.

"Komunikasi mengenai soal pencapresan ya itu mungkin dalam pembicaraan politik, sekali dua kalo saja," kata Dasco.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengaku sejak awal memberikan restunya kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Hal itu menanggapi pertanyaan soal restu Jokowi untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Namun, mantan wali kota Solo itu menjawab dalam konteks pemerintahan.

"Sudah sejak awal kok restu-restu. Sejak awal saya menyampaikan mendukung beliau (Prabowo)," kata Jokowi di kawasan JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (2/11/2022).

Mendengar jawaban itu, Prabowo pun menimpali bahwa dukungan dan restu yang dimaksud berkaitan dengan pertahanan.

"Ini pertahanan," kata Prabowo.

Rekomendasi