Jokowi Pastikan Joe Biden dan Xi Jinping Bakal Hadir di Pertemuan KTT G20 Bali

| 08 Nov 2022 15:02
Jokowi Pastikan Joe Biden dan Xi Jinping Bakal Hadir di Pertemuan KTT G20 Bali
Xi Jinping dan Joe Biden (Wikimedia Commons)

ERA.id - Presiden Joko Widodo memastikan sudah ada 17 kepala negara yang akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang digelar pada 15-16 November 2022 di Bali.

Di antaranya adalah Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping.

"Sudah, itu yang sudah pasti 17 (kepala negara hadir di G20)," kata Jokowi melalui keterangan tertulis, Selasa (8/11/2022).

Terkait kehadiran Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, masih belum bisa dipastikan. Sebab, dari perbincangan terakhir, kedua kepala negara tersebut masih melihat situasi dan kondisi di negara masing-masing.

"Beberapa hari yang lalu saya juga sudah bertelepon, berbicara lewat telepon dengan Presiden Putin dan Presiden Zelensky, beliau menyampaikan akan hadir kalau kondisinya memungkinkan," kata Jokowi.

Sementara untuk kesiapan pemerintah Indonesia jelang gelaran KTT G20, Jokowi memastikan sudah sangat siap. Terlebih, dia turun langsung meninjau sejumlah lokasi penyelenggaran KTT G20.

"Jadi ini sudah H-7, saya sudah cek dari pagi tadi sampai titik-titik yang paling kecil sudah kita cek semuanya dan saya ingin menyatakan kita siap menerima tamu-tamu G20," katanya.

Jokowi menegaskan, kehadiran para kepala negara maupun kepala pemerintahan pada KTT G20 di Bali kali ini merupakan suatu kehormatan, mengingat kondisi dunia yang sedang tidak kondusif.

"Saya kira dalam posisi normal itu biasa yang hadir juga 17-18, ini posisi yang tidak normal, dunia sangat sulit, semua negara sangat sulit, kalau kehadirannya sampai sejumlah itu saya kira juga sangat bagus, sangat bagus," pungkasnya.

Rekomendasi