Ustaz Abdul Somad Jelaskan Lima Ciri-ciri Perempuan Dihadapan Ribuan Warga Kota Solok Sumbar

| 06 Nov 2022 08:29
Ustaz Abdul Somad Jelaskan Lima Ciri-ciri Perempuan Dihadapan Ribuan Warga Kota Solok Sumbar
Ceramah Ustaz Abdul Somad di Kota Solok Sumbar (Antara)

ERA.id - Ribuan orang dari berbagai penjuru Kota Solok, Sumatera Barat menghadiri ceramah dai kondang ustadz H Abdul Somad (UAS) yang merupakan rangkaian Kajian dan Muslimah dengan tema "Bedah Buku: Muslimah Bertanya, UAS Menjawab".

Gedung Kubuang 13 yang berada di pinggir jalan di Kota Solok itu, Sabtu (5/11) 2022 tampak disesaki jamaah perempuan yang ingin melihat dari dekat ceramah ustadz itu.

Bahkan sejak awal hingga ceramah tersebut dimulai, jamaah tampak antusias memasuki Gedung Kubuang 13 sembari menunggu kehadiran UAS.

Rangkaian acara Kajian dan Muslimah dengan tema "Bedah Buku: Muslimah Bertanya, UAS Menjawab" itu, memang dikhususkan untuk jamaah Muslimah saja.

UAS dalam ceramahnya juga memuji antusiasme kaum ibu-ibu Kota Solok dalam mengikuti rangkaian kegiatan Kajian dan Muslimah.

"Melihat antusiasme jamaah hari ini. Kami doakan semoga Kota Solok menjadi kota yang 'baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur' (negeri yang baik dengan Tuhan yang Maha Pengampun,” kata UAS.

Dalam ceramah tersebut UAS juga memaparkan terkait ada lima ciri perempuan, di antaranya perempuan sebagai ibu, sebagai seorang istri, sebagai seorang anak, sebagai seorang saudari, dan sebagai seorang pendidik.

Ia mengatakan perempuan sebagai seorang ibu sangat dimuliakan. Sebagaimana dalam hadis dijelaskan dari Abu Hurairah, yakni ada seorang laki-laki datang kepada Rasulullah SAW Muhammad SAW dan bertanya: ‘Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling berhak aku perlakukan dengan baik?’ Rasul pun menjawab: ‘Ibumu’. ‘Lalu siapa lagi?’, ‘Ibumu’. ‘Siapa lagi’, ‘Ibumu’. ‘Siapa lagi’, ‘Ayahmu’.”

"Untuk itu, bagi yang masih ada ibunya, maka muliakan lah ibumu. Ketika memuliakan orang tua maka yakinlah Allah SWT yang akan memuliakan rezekinya," kata UAS.

UAS juga mengingatkan bahwa kalau belum bisa membahagiakan ibu, maka jangan kecewakan dia.

Selain itu, sebagai seorang istri dijelaskan UAS agar perempuan taat kepada suaminya. Perempuan yang menyenangkan suaminya serta menghias diri untuk suaminya akan mendapatkan pahala di sisi Allah SWT.

Lebih lanjut, UAS menjelaskan perempuan sebagai pendidik ialah dia yang akan mendidik anak-anaknya. Mengajarkan anaknya ke arah yang lebih baik lagi.

"Sebagaimana dijelaskan 'Al Ummu madrasatul ula'. Ibu adalah madrasah utama untuk anak-anaknya," katanya.

Selain itu, di akhir ceramah UAS juga menjawab pertanyaan dari jamaah yang hadir dalam kajian itu. Banyak pertanyaan yang diajukan jamaah di antaranya tentang tatacara menjamak shalat fardu dan pertanyaan lainnya.

Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra menyambut baik kedatangan UAS yang telah menyempatkan hadir ke kota berjuluk "Beras Serambi Madinah" itu.

"Terima kasih kepada ibu-ibu yang telah menyempatkan hadir ke kajian ini. Kita harapkan kedatangan beliau dapat menambah keimanan dan ketakwaan kita masyarakat Kota Solok," katanya.

Selain itu, diharapkan ke depannya Kota Solok kembali bisa mengundang ulama nasional itu sehingga dapat memberikan siraman rohani untuk masyarakat Kota Solok dan kota itu dapat menjadi "Kota Serambi Madinah", demikian Ramadhani Kirana Putra. (Ant)

Rekomendasi