Elektabilitas Perindo Naik, Jokowi Wanti-Wanti Prabowo, Gerindra: Survei Kadang Fluktuatif

| 09 Nov 2022 07:27
Elektabilitas Perindo Naik, Jokowi Wanti-Wanti Prabowo, Gerindra: Survei Kadang Fluktuatif
Sufmi Dasco Ahmad

ERA.id - Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menilai hasil survei terkait elektabilitas partai politik harus diwaspadai karena fluktuatif.

Ini merespons pesan Presiden Joko Widodo yang meminta partai politik berhati-hati dengan Partai Perindo yang elektabilitasnya melonjak.

"Apa yang disampaikan presiden tentang survei Partai Perindo kalahkan tiga partai parlemen, kami apresiasi. Tentu itu hasil kerja teman-teman Perindo. Namun juga perlu kita waspadai, survei kadang fluktuatif," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/11/2022).

Dasco pun menyarankan agar Partai Perindo tetap bekerja untuk rakyat. Sebab, hasil survei terkait elektabilitas itu merupakan hasil kepuasaan masyarakat atas kerja lapangan yang dilakukan partai politik.

"Kepada kawan Perindo, kita ingatkan terus kerja. Karena survei-survei itu hasil kerja lapangan, kepuasan masyarakat ke partai maupun person partainya," ucap Dasco.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mewanti-wanti partai politik papan atas supaya berhati-hati menjaga elektabiltas. Sebab, berpeluang disusul oleh Partai Perindo yang notabene partai politik papan bawah.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) ke-8 Partai Perindo di Jakarta Pusat, Senin (7/11/2022).

"Partai yang gede-gede hati-hati. Jangan-jangan ketarik ke Perindo semuanya. PDIP hati-hati, Golkar dan juga hati-hati Pak Prabowo," ucap Jokowi.

Jokowi mengaku kerap memperhatikan hasil survei. Menurutnya, elektabilitas Partai Perindo cukup meroket, bahkan mampu menyalip tiga partai politik yang ada di parlemen.

"Saya melihat terakhir survei Litbang Kompas, Perindo dapat gede banget lho 4,5 persen. Hati-hati, 4,5 persen, saya cek lagi, saya detail lagi, sudah mengalahkan tiga partai yang ada di parlemen," ucapnya.

Rekomendasi