Petugas Gabungan Evakuasi Ratusan Imigran Rohingya Terdampar di Aceh

| 15 Nov 2022 12:34
Petugas Gabungan Evakuasi Ratusan Imigran Rohingya Terdampar di Aceh
Ratusan Rohingya diamankan ke rumah ibadah usai terdampar di pesisir pantai di Desa Meunasah Lhok, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, Selasa (15/11/2022). (Ilham/ERA.id).

ERA.id - Petugas gabungan Polres Lhokseumawe bersama Koramil 04 Muara Batu mengevakuasi ratusan imigran Rohingya usai terdampar di pesisir pantai di Desa Meunasah Lhok, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, Selasa (15/11/2022).

Petugas gabungan mencatat total keseluruhan Rohingya berjumlah 110 orang. Kini mereka telah diamankan dan ditempatkan di sebuah rumah ibadah di Desa Meunasah. Rinciannya sebanyak 72 orang pria, 32 wanita, lima anak dan satu orang balita.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Henki Ismanto menjelaskan bahwa petugas Polsek Muara Batu menemukan ratusan Rohingya itu terdampar sekira pukul 04.00 WIB.

"Pada pukul 03.25 WIV warga Rohingnya yang menaiki boat sudah bersandar di Desa Meunasah Baro. Dan diketahui oleh beberapa nelayan warga Desa Meunasah Baro dan warga Desa Meunasah Lhok," ungkapnya saat dikonfirmasi ERA.id.

Henki mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil keputusan musyawarah selanjutnya ratusan Rohingya itu dievakuasi ke sebuah rumah ibadah di Desa Meunasah Lhok.

"Warga Rohingnya yang sudah diamankan di meunasah (rumah ibadah, red), di Desa Meunasah Lhok diamankan oleh anggota Koramil 04 Muara Batu dan Anggota Polsek Muara Batu yang dibantu oleh warga masyarakat Desa Meunasah Lhok dan sekitarnya," sebutnya.

Henki menambahkan bahwa pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Utara untuk memberikan penanganan lebih lanjut terhadap ratusan Rohingya tersebut.

"Untuk penanganannya sama Pemkab. Kita hanya mengawal dan mengamankan ratusan Rohingya itu. Sementara ini kita kumpulkan dulu di meunasah untuk mengantisipasi adanya penyakit yang dibawa," pungkasnya.

Rekomendasi