Kepala Negara Kompak Pakai Batik di Welcoming Dinner G20, Xi Jinping Pakai Warna Biru

| 15 Nov 2022 20:58
Kepala Negara Kompak Pakai Batik di Welcoming Dinner G20, Xi Jinping Pakai Warna Biru
Xi Jinping (Dok Sekretariat Presiden)

ERA.id - Sejumlah pemimpin negara dan tamu undangan KTT G20 kompak memakai batik saat menghadiri gala dinner di kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali, Selasa (15/11/2022). Presiden China, Xi Jinping bahkan mencuri perhatian lewat busana batik yang dipakai.

Beragam motif dan warna batik yang dipakai sejumlah pemimpin negara sukses mencuri perhatian publik. Satu per satu pemimpin negara hadir memenuhi rangkaian acara KTT G20 dengan disambut Presiden Jokowi dan ibu negara Iriana Jokowi.

Dari pantauan tim Era, terlihat Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri India Narendra Modi, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau hingga Presiden China Xi Jinping hadir ke jamuan makan malam tersebut.

Dok Sekretariat Presiden

Bukan hanya hadir saja, mereka juga turut mengenakan batik yang merupakan warisan budaya Indonesia. Namun Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman tidak turut memakai batik seperti lainnya.

Dok Sekretariat Presiden

Begitu juga dengan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana yang tidak memakai batik. Jokowi dan Iriana memutuskan untuk memakai busana tradisional Bali dan menyambut para tamu undangan di karpet merah.

Salah satu yang cukup menarik perhatian ialah kehadiran Xi Jinping dan istrinya, Peng Liyuan yang juga mengenakan batik. Namun sayangnya Presiden Amerika Serikat Joe Biden tidak hadir di Gala Dinner tanpa penjelasan.

Diketahui jamuan makan malam dimulai pukul 19:00 hingga 21:00 WITA. Acara tersebut juga turut dihadiri oleh Menteri hingga mantan Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono.

Rekomendasi