Surpres Pengganti Panglima TNI Akan Disampaikan Besok Langsung ke Ketua DPR, KSAL Yudo Margono?

| 23 Nov 2022 18:10
Surpres Pengganti Panglima TNI Akan Disampaikan Besok Langsung ke Ketua DPR, KSAL Yudo Margono?
Sufmi Dasco (Sachril Agustin/ ERA)

ERA.id - Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan belum menerima surat presiden (Surpres) terkait nama calon Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa hingga malam ini. Ia mengatakan surpres kemungkinan akan disampaikan besok langsung ke Ketua DPR.

"Sampai dengan sore ini surpres belum, tapi informasi yang kami dapat surpres akan dikirimkan kemungkinan besok langsung kepada ketua DPR," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Saat ditanya apakah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Yudo Margono akan menjadi pengganti Jenderal Andika Perkasa, ia tak menjawab dengan tegas. Ia hanya memastikan akan tahu nama pastinya setelah membaca surpresnya secara langsung.

"Suratnya saja belum sampai, kan saya bukan peramal, kalau yang kita dengar, sama seperti yang teman-teman wartawan dengar (Yudo Margono)," kata Dasco.

Ia menambahkan bila suratnya sudah sampai maka DPR akan memproses surpres tersebut sesuai dengan mekanisme yang ada. "Nanti kalau sudah di ibu ketua DPR kita akan proses sesuai mekanisme yang berlaku sambil waktunya kita paskan dengan masa reses kita," kata Dasco.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menjelaskan calon panglima TNI bisa berasal dari tiga kepala staf matra TNI ataupun mantan kepala staf yang masih aktif sebagai anggota TNI.

"Kalau calon panglima TNI pasti dari kepala staf atau mantan kepala staf yang masih aktif. Kan gitu aja, clue-nya itu," ujar Pratikno.

Panglima TNI saat ini, yakni Jenderal TNI Andika Perkasa, akan memasuki usia pensiun pada akhir Desember 2022. Andika Perkasa dilantik Presiden Jokowi menjadi Panglima TNI pada tanggal 17 November 2021 sesuai Surat Keputusan Presiden Nomor 106/TNI 2021. Andika saat itu menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto.

Rekomendasi