Wapres Klaim Indonesia Jadi Negara Paling Toleran di Dunia, Apa Kabar soal Sulitnya Dirikan Rumah Ibadah?

| 25 Nov 2022 22:40
Wapres Klaim Indonesia Jadi Negara Paling Toleran di Dunia, Apa Kabar soal Sulitnya Dirikan Rumah Ibadah?
Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma'ruf Amin membuka Musyawarah Nasional KAHMI XI di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Jumat (25/11/2022). ANTARA/Muhammad Izfaldi

ERA.id - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menyatakan Indonesia menjadi negara yang paling toleran di dunia yang diakui oleh banyak pihak.

"Indonesia menyatakan Islam Wasathiyah adalah kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya saat membuka Musyawarah Nasional (Munas) KAHMI di Palu dikutip dari Antara, Jumat (25/11/2022).

Wapres menjelaskan toleransi dan moderasi menjadi prinsip kunci dan menjaga harmoni di dalam kebhinekaan.

Wapres mengungkapkan belum lama ini perwakilan organisasi orang pandai dari kalangan islam sedunia yang berpusat di Abu Dhabi menemui dirinya untuk belajar tentang dari toleransi dari Indonesia.

"Indonesia dianggap negara yang paling toleran dan dijadikan model pengembangan Islam di dunia," katanya menegaskan.

Menurut Wapres, dalam kunjungan itu bahkan ditekankan bukan bahasa Arab yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia, tetapi bahasa indonesia yang diterjemahkan ke bahasa arab.

Wapres mengatakan cerita itu merupakan secuil dari kisah perjalanan Indonesia yang patut disyukuri, sekaligus dijadikan motivasi untuk bekerja keras dalam mewujudkan mimpi dan cita-cita.

Terkait peran itu, Ma’ruf menegaskan selama setengah abad Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) telah membuktikan aktif dan memiliki andil dalam membangun bangsa.

"KAHMI telah berkhidmat kepada bangsa melalui kerja ekonomi, politik, sosial dan budaya yang berlandaskan pada nilai islam dan Indonesia," katanya menegaskan.

Dia berpesan agar semua berbakti kepada umat dan bangsa dan kepada umat manusia harus berdiri di atas nilai islam dan keindonesiaan.

Untuk diketahui, Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Romo Antonius Benny Susetyo mengakui kasus intoleransi di Indonesia setiap waktunya mengalami peningkatan. Menurutnya salah satu yang mendominasi kasus intoleransi adalah pendirian rumah ibadah yang sangat sulit dan hak-hak minoritas.

"Intoleransi terus meningkat setiap waktunya, seperti pendirian tempat ibadah yang sulit, pemakaman dan hak-hak kaum minoritas", ucapnya saat menjadi narasumber dalam webinar dalam festival HAM tahun 2020 dengan tema Keberagaman, Toleransi dan Keindonesiaan dikutip dari laman bpip.go.id.

Rekomendasi