Putri Candrawathi Beri Perintah Bersihkan Barang Yosua untuk Hilangkan Sidik Jari Ferdy Sambo

| 30 Nov 2022 20:05
Putri Candrawathi Beri Perintah Bersihkan Barang Yosua untuk Hilangkan Sidik Jari Ferdy Sambo
Ferdy Sambo dan Istri (Istimewa)

ERA.id - Terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J), Bharada Richard Eliezer (Bharada E) menjelaskan Putri Candrawathi memerintahkan dirinya untuk membersihkan barang-barang milik Brigadir J.

Richard mengatakan barang-barang korban dibersihkan untuk menghilangkan sidik jari Ferdy Sambo.

"Itu kita disuruh pakai disinfektan dan hand sanitizer untuk membersihkan baju barang barang dia dan dompet disuruh sama ibu. Kata Ibu, bapak sempat memegang barang barang almarhum jadi mau menghilangkan sidik jari Pak FS," kata Richard saat menjadi saksi di persidangan terdakwa Kuat Ma'ruf dan Bripka Ricky Rizal Wibowo di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Rabu (30/11/2022).

Richard menjelaskan awal mula dirinya Diperintah membersihkan barang milik Brigadir J. Awalnya, dia menerangkan sedang menjalani pemeriksaan di Mabes Polri usai Brigadir J tewas dibunuh.

Saat itu, dia masih beranggapan barang-barang Yosua masih tersimpan di kamarnya di rumah Ferdy Sambo di kawasan Saguling, Jaksel.

Namun ketika barang-barang itu dicek, ternyata sudah tidak ada. Richard baru mengetahui barang-barang korban telah di-packing, dikarduskan, dan dibawa ke pos security Duren Tiga setelah diberitahu asisten rumah tangga (ART) Diryanto atau Kodir.

Beberapa hari setelahnya, Putri memerintahkan dirinya, Bripka RR, dan Kuat Ma'ruf untuk mengambil barang-barang Yosua dan membawanya ke rumah Saguling.

"Pergilah saya sama Bang Ricky saat itu, ambil barang pakai mobil, sampai antar ke lantai dua. Baru Ibu bilang 'nanti pakai sarung tangan ya, sarung tangan karet sama Om Kuat juga'. Kami bertiga disuruh Ibu PC untuk membersihkan barang almarhum ini, di-laundry untuk baju-bajunya jadi diplastikkan," ucapnya.

Ketika jaksa penuntut umum (JPU) menanyakan siapa orang yang memindahkan barang Yosua, Richard memperkirakan ART atau ajudan Ferdy Sambo yang melakukannya.

Jaksa lalu bertanya apakah ajudan lain dilibatkan ketika membersihkan barang Brigadir J, dan dijawab tidak oleh Richard.

"Tidak melibatkan ajudan lain?," tanya jaksa.

"Tidak ada," jawab Richard.

"Selalu kalian bertiga?," ucap jaksa.

"Selalu bertiga," kata Richard.

Rekomendasi