Prosesi Siraman Kaesang Dimulai Hari Ini, Pejabat Tinggi Mulai Berdatangan dan Ambil Bagian

| 09 Dec 2022 08:54
Prosesi Siraman Kaesang Dimulai Hari Ini, Pejabat Tinggi Mulai Berdatangan dan Ambil Bagian
Keluarga besar Iriana-Jokowi dalam momen pemasangan bleketepe. (Dok. Pemkot Solo)

ERA.id - Sejumlah menteri dan pimpinan lembaga tinggi negara tampak hadir prosesi siraman putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, yang digelar di kediaman pribadi di kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Jumat (9/12/2022).

Para tamu undangan mulai berdatangan sekitar pukul 07.00 WIB. Mereka yakni Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, hingga Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar.

Prosesi siraman dipimpin oleh Yoyok Subandrio. Dibuka dengan acara sungkeman calon mempelai pria pada kedua orang tuanya. Kemudian ada prosesi penyerahan air siraman yang dirikim dari utusan perwakilan calon mempelai wanita.

Air ini kemudian dicampur dengan air dari campuran tujuh sumber mata air. Di antaranya yakni Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Agung Keraton Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, Istana Bogor, dan dari kediaman pribadi Presiden Jokowi.

Ibu Negara Iriana bersama Kaesang Pangarep menggelar pengajian jelang akad nikah, Kamis (8/12/2022) kemarin. (Tim Media Pernikahan Kaesang-Erina)

Adapun sesepuh yang menyiram calon mempelai pria di antaranya Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan, Menlu Retno Marsudirini, Menteri ATR Hadi Tjahjanto masing-masing beserta istri dan suami.

Sedangkan dari pihak keluarga Dr Idong Husodo, Gibran Rakabuming Raka, dan Bobby Nasution dengan istri masing-masing. Serta sebagai penutup Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi.

Setelah siraman acara dilanjutkan dengan tata cara potong rambut calon pengantin dan bucal sukerto (buang sial). Setelah itu dilanjutkan gendongan, kaesang digendong sang ayah dan disuapi untuk terakhir kalinya oleh ibu.

Rekomendasi