Jokowi Gendong Kaesang Saat Prosesi Siraman

| 09 Dec 2022 16:01
Jokowi Gendong Kaesang Saat Prosesi Siraman
Preside Jokowi gendong Kaesang saat prosesi siraman (Sekretariat Presiden)

ERA.id - Prosesi siraman sebagai salah satu tahapan dalam rangkaian pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono telah dilangsungkan pada Jumat (9/12/2022). 

Dalam acara ini ada beberapa tahapan yang dilakukan. Di antaranya yakni sungkeman, potong rambut, bucal sukerta (buang sial), gendongan dan suapan terakhir. Hadir pula sederet Menteri Kabinet Indonesia Maju yang ditunjuk sebagai sesepuh yang nyirami Kaesang.

Hal ini diungkapkan salah satu tamu undangan yang hadir, Ahyani yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo.

“Acaranya di dalam sama seperti (prosesi siraman pernikahan) Mas Gibran dulu. Ada siraman dari bapak dan ibu Mas Kaesang. Para sesepuh seperti Pak Luhut (Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan), Pak Mahfud (Menkopolhukam, Mahfud MD), Pak Hadi Tjahjanto (Menteri ATR), Bu Retno Marsudi (Menlu) dan pihak keluarga,” katanya.

Ahyani yang tinggal tidak jauh dari kediaman Jokowi mengaku melihat prosesi ini dari layar televisi. Layar ini disediakan panitia di depan kediaman Presiden Jokowi. Sementara di dalam rumah, prosesi siraman digelar terbatas.

”Ada prosesi suapan terakhir juga dari bapak dan ibu (Jokowi dan Iriana), karena ini adalah hajatan terakhir beliau,” kata Ahyani.

Satu hal yang menarik, dalam prosesi ini juga dilaksanakan gendongan. Dimana calon mempelai pria digendong ayahnya dan dari belakang ibunya membimbing.

Namun tentunya Kaesang tidak benar-benar digendong. Ia hanya berjalan dengan dibalut kain dan ditarik oleh Jokowi dari depan.

“(Jokowi) nggak kuat gendongnya, jadi simbolis saja. (Kaesang berjalan) di belakang. Lalu dibawa ke tempat prosesi suapan terakhir dan pemberian pesan-pesan dari bapak ibu. Isi pesannya ya seputar persiapan menghadapi masa depan biar selamat dan sukses,” katanya.

Rekomendasi