Ini Dua Hal yang Diminta Keluarga Erina saat Kaesang Nyantrik di Malam Midodareni

| 09 Dec 2022 21:50
Ini Dua Hal yang Diminta Keluarga Erina saat Kaesang Nyantrik di Malam Midodareni
Kaesang Pangarep (Tangkapan layar)

ERA.id - Kaesang Pangarep malam ini nyantrik di rumah keluarga Erina Gudono setelah selesai malam midodareni. Ada dua hal yang dipesankan untuk Kaesang selama nyantrik di rumah Erina.

Nyantri atau Nyantri merupakan tradisi mempelai pria yang berguru untuk menjadi imam dalam keluarga. Tradisi ini merupakan tradisi dari keraton. Saat nyantrik calon mempelai pria tidak diperkenankan bertemu calon mempelai wanita.

Pranata Acara Wigung Wratsangka mengatakan bahwa ada dua syarat yang harus dipenuhi Kaesang saat  nyantrik di rumah Erina. Pertama, Kaesang tidak diperkenankan untuk makan dan minum kecuali diizinkan oleh ibunda Erina, Sofiatun Gudono.

Saat ditanya mengenai hal tersebut, Kaesang menjawab, ”Iya bersedia,” katanya.

Syarat kedua yakni pada malam hari hingga esok pagi saat akad nikah, Kaesang tidak diperkenankan bertemu Erina. Meskipun ada prosesi Tilik Nitih, namun Kaesang tidak diperkenankan bertemu.

Tilik Nitih ini merupakan salah satu prosesi dalam Midodareni, dimana para perempuan dari keluarga calon mempelai pria, bertemu dengan calon mempelai wanita.

Saat syarat kedua disampaikan, Kaesang juga menjawab, ”Nggih bersedia,” katanya.

Sementara Kaesang menjalani prosesi Nyantrik, Keluarga Presiden Jokowi  meninggalkannya dan kembali ke kediaman pribadi. Mereka akan bertemu lagi dengan Kaesang saat akad nikah yang dilaksanakan esok hari, Sabtu (10/12/2022).

Rekomendasi