Pengamat Apresiasi Erick Thohir Usai Jadikan BUMN Sebagai Penggerak Ekonomi Desa

| 12 Dec 2022 19:42
Pengamat Apresiasi Erick Thohir Usai Jadikan BUMN Sebagai Penggerak Ekonomi Desa
Erick Thohir (Antara)

ERA.id - Pengamat pedesaan, Paulus Cikmang mengapresiasi Erick Thohir dalam memimpin kementerian BUMN.

Menurut dia, BUMN kini menjadi penggerak ekonomi desa yang akan berdampak langsung terhadap keberlangsungan ekonomi daerah.

"Program Mekaar, Makmur dan KUR adalah bukti keterlibatan peran BUMN. Kita bisa lihat keterlibatan BRI yang melibatkan 10.9 juta nasabah KUR dan bisa menyerap 3 juta tenaga kerja," kata Paulus dalam keterangan resminya.

Selain itu, dia juga menjelaskan program Mekaar yang melibatkan 13 juta nasabah aktif PNM.

'Belum lagi peran Pertamina di  desa desa nelayan dengan program solar murah.  Plus tentunya peran BUMN yang memiliki mandat untuk menyediakan BBM dan LPG ke seluruh pelosok negeri termasuk di wilayah 3T (Terdepan, Tertinggal, Terluar), kata bekas aktivis mahasiswa ini .

"Proyek dan program BUMN yang hadir di tengah pandemi mempunyai dampak positif dalam menjaga daya beli dan meningkatkan aktivitas belanja masyarakat. Hasilnya konsumsi rumah tangga terus meningkat dari -5,52% y-o-y di TW II 2020 menjadi 5,51% y-o-y di TW II 2022," tambah dia.

Seperti diketahui, 61 persen dari total produk domestik bruto (PDB) nasional ada di pedesaan, program lainnya yang sedang dikembangkan BUMN adalah  program Desa Sejahtera, yang dirancang dengan dua tujuan utama.

"Program yang ini berbeda dan menarik. Tujuan program Desa Sejahtera adalah tercapainya kehidupan layak dan peningkatan pendapatan masyarakat miskin," tandas dia.

Dikatakan Paulus, pihaknya dan masyarakat Indonesia mengapresiasi program Bakti BUMN yang saat ini sedang berjalan.

Hal itu jadi bagian dari langkah Erick Thohir dalam memaksimalkan potensi dan program-program kerja yangl dilakukan oleh BUMN.

“Kalau kami melihat program yang ditawarkan BUMN, boleh jadi niatannya untuk memaksimalkan potensi dan program kerja yang dilakukan oleh atau yang telah dibuat oleh BUMN,” kata dia.

Paulus menyebut  program ini sudah berjalan namun jumlah desa masih terbatas, yakni terfokus di Jawa Barat.

Kemudian, tambah dia, Menteri Erick kembali memperluas program Bakti BUMN ke wilayah-wilayah lain untuk mensejahterakan masyarakat Indonesia. Khususnya masyarakat miskin.

“Program yang ditawarkan itu sebenarnya dalam rangka mensejahterakan rakyat di 10 kecamatan di Jawa Barat. Pada dasarnya, untuk mensejahterakan masyarakat, terutama yang miskin ekstrem,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, Program Bakti BUMN yang merupakan bentuk TJSL BUMN, memiliki peran penting dalam mendorong percepatan pengentasan kemiskinan ekstrem bagi masyarakat Indonesia, melalui kolaborasi beberapa BUMN.

"Salah satu contoh Bakti BUMN yakni program Desa Sejahtera yang dirancang dengan dua tujuan utama, yaitu tercapainya kehidupan layak dan peningkatan pendapatan masyarakat miskin," ujar Erick.

kata Erick, program ini dilaksanakan di 10 Kecamatan yang ada di Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Jabar).

Dia menyampaikan, program yang melibatkan 17 BUMN ini berlangsung selama enam bulan sejak Oktober 2022.

Rekomendasi