Punya Pengalaman Sebagai Menteri BUMN dan Ketum PSSI, Erick Thohir Dinilai Punya Modal Kuat Sebagai Cawapres

| 24 Sep 2023 12:34
Punya Pengalaman Sebagai Menteri BUMN dan Ketum PSSI, Erick Thohir Dinilai Punya Modal Kuat Sebagai Cawapres
Enteri BUMN Erick Thohir. (Antara)

ERA.id - Nama Menteri BUMN Erick Thohir salah satu figur dipertimbangkan untuk menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) di Pilpres 2024 mendatang. Hal itu disebabkan keunggulan yang dimiliki oleh pemimpin andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi ini lantaran memiliki kerja nyata sebagai Menteri BUMN dan Ketua Umum (Ketum) PSSI.

Menurut Pengamat Politik Universitas Indonesia (UI), Meidi Kosandi mengatakan Erick Thohir telah terbukti sebagai pemimpin yang memiliki pengalaman dalam mengelola berbagai lembaga nasional. 

"Erick Thohir punya modal sebagai cawapres yaitu memiliki track record administrasi yang cukup baik sebagai menteri dan Ketua PSSI," kata Meidi saat dihubungi, Minggu (24/09/2023).

Saat menakhodai Kementerian BUMN, Erick berhasil melakukan transformasi penting dalam manajemen perusahaan-perusahaan milik negara. Terbukti dalam meningkatkan laba yang tadinya hanya Rp13 triliun di tahun 2020, meningkat tajam menjadi Rp303 triliun pada tahun 2022.

Keberhasilannya dalam meningkatkan kinerja perusahaan BUMN ini menjadi bukti nyata kemampuannya dalam bidang administrasi. Selain itu, pengalaman Erick Thohir dalam dunia olahraga juga menjadi modal berharga.

Di bawah kepemimpinannya, PSSI mengalami transformasi positif dalam peningkatan transparansi dan peningkatan kualitas sepak bola nasional. Eks Presiden Inter Milan ini melakukan audit terhadap keuangan dengan menggandeng firma ternama yakni Ernst & Young dan menghadirkan program bernama Garuda Select untuk mencari talenta pemain dengan kualitas terbaik.

Kemampuan manajerialnya dalam mengelola PSSI menjadi bukti kuat bahwa dia mampu mengelola aspek administrasi yang kompleks. Sebagai seorang pengusaha sukses, Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini memiliki pemahaman mendalam tentang ekonomi dan bisnis. 

"Tentu ini menunjukkan kerja dari Erick Thohir yang patut dipertimbangkan sebagai cawapres," pungkas Meidi.

Rekomendasi