Sekjen PDIP soal Partai Ummat Tak Lolos Jadi Peserta Pemilu: Tak Ada Permainan Rezim, yang Ada Zulhas dan Amien Rais Tak Kompak

| 15 Dec 2022 17:25
Sekjen PDIP soal Partai Ummat Tak Lolos Jadi Peserta Pemilu: Tak Ada Permainan Rezim, yang Ada Zulhas dan Amien Rais Tak Kompak
Hasto Kristiyanto (Dok. PDIP)

ERA.id -Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto merespons tuduhan Amien Rais mengenai upaya Pemerintah memastikan Partai Ummat tak lolos sebagai peserta pemilu 2024. Kata Hasto, bukan ranah PDIP untuk mencampuri rumah tangga partai lain.

“Maka apa yang disampaikan Pak Amien sama sekali tidak benar. Tak ada permainan rezim. Yang ada ketidakkompakan antara Pak Zul (Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, red) dan Pak Amien Rais sehingga harus membuat partai sendiri (Partai Ummat, red,” kata Hasto.

“PAN ini kan tradisinya kan sangat lama. PAN lahir dari reformasi. Jadi kenapa (Amien, red) meninggalkan Partai Amanat Nasional?” tambah Hasto.

Dia melanjutkan, sebaiknya Amien tidak berusaha menutupi ketidakmampuannya dengan menyalahkan Pemerintah.

“Ini karena ketidakkompakan. Jangan pemerintahnya yang disalahkan. Kemudian karena ketidakmampuan melakukan konsolidasi, jangan pemerintahnya yang disalahkan. Buktinya yang lain lolos,” tegas Hasto.

Partai Ummat memastikan bakal menggugat KPU ke Bawaslu lantaran partainya tak lolos jadi peserta Pemilu 2024.

Diketahui Partai Ummat dinyatakan tak lolos sebagai peserta Pemilu 2024 karena dinyatakan tidak memenuhi syarat verifikasi faktual di dua provinsi.

"Partai Ummat tetap akan mengupayakan jalan yang masih bisa ditempuh, terutama membawa gugatan ke Bawaslu. Kami telah membentuk tim advokasi hukum yang diketuai oleh Denny Indrayana," ujar Amien dalam konferensi pers daring, Rabu (14/12/2022).

Rekomendasi