Penyebab Amburknya Jembatan Nusa Penida yang Akibatkan 35 Orang Jatuh ke Laut

| 16 Dec 2022 12:30
Penyebab Amburknya Jembatan Nusa Penida yang Akibatkan 35 Orang Jatuh ke Laut
Jembatan Nusa Penida, Bali yang ambruk (Dok Instagram/Nusabali_com)

ERA.id - Sebanyak 35 orang penumpang jembatan penghubung boat dengan dermaga plonton di Pelabuhan Banjar Nyuh, di Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali terjun bebas ke laut. Peristiwa itu terjadi pada Kamis (15/12) sore.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Bali Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto menerangkan peristiwa itu terjadi pukul 16.45 WITA. Jumlah muatan yang melebihi kapasitas diperkirakan menjadi penyebab ambruknya jembatan.

"Ambruknya jembatan penghubung antara dermaga utama dan plonton speed boat itu, disebabkan karena kelebihan muatan. Namun, hal tersebut tidak sampai mengakibatkan korban jiwa dan hanya mengakibatkan beberapa penumpang mengalami luka ringan," kata Kombes Satake dalam keterangan resminya, Jumat (16/12).

Kejadian itu bermula saat speed boat Semabu Hills akan menuju Pelabuhan Sanur, Denpasar. Penumpang didominasi Warga Negara Asing (WNA). Mereka bergiliran untuk memasuki boat.

Namun tiba-tiba jembatan penghubung antara dermaga utama dan plonton ambruk. Sebanyak 35 orang calon penumpang yang berada di atas jembatan ikut nyemplung ke air.

"Sehingga menyebabkan jembatan ambruk dan penumpang berjatuhan ke laut yang menyebabkan kepanikan dan beberapa penumpang mengalami luka ringan," ujarnya.

Seperti yang diberitakan, sebuah video yang memperlihatkan jembatan penghubung boat dengan dermaga ponton di Pelabuhan Banjar Nyuh, di Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali, ambruk, pada Kamis (15/12) sore.

Akibat peristiwa itu, dikabarkan 35 orang penumpang yang tengah menunggu antrean masuk ke kapal tercemplung ke laut. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut.

Rekomendasi