Lokasi Surfing di Indonesia yang Direkomendasikan untuk Anda

| 15 Jan 2023 12:05
Lokasi Surfing di Indonesia yang Direkomendasikan untuk Anda
Ilustrasi Surfing (Pixabay)

ERA.id - Ada banyak spot-spot terbaik untuk melakukan olahraga air seperti surfing di Indonesia. Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki pantai-pantai yang terbaik dan ombak yang mendukung untuk surfing atau selancar. Kira-kira, di mana saja lokasi surfing di Indonesia? Simak daftarnya di bawah ini.

Lokasi Surfing di Indonesia

Ilustrasi surfing (Dok. Panitia MHA Open 2020)

Pantai Plengkung, Banyuwangi

Pantai Plengkung berlokasi sekitar 20 kilometer dari Desa Grajagan dan termasuk bagian dari Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai yang juga populer di kalangan surfer sebagai G-Land ini mempunyai ombak dengan ketinggian 6 hingga 8 meter dan panjang 2 kilometer. Ombak di Pantai Plengkung juga memiliki 7 gulungan dengan interval sekitar 5 menit karena adanya tekanan air laut dari Kutub Selatan.

Itulah yang menyebabkan ombak di pantai ini disebut-sebut sebagai ombak terbaik kedua setelah Hawaii. Salah satu bukti ketenarannya yaitu pernah diselenggarakannya lomba surfing tingkat internasional atau yang dikenal dengan “Banyuwangi G-Land International Team Challenge” di pantai ini. Lomba ini sendiri diikuti oleh 12 tim peselancar yang berasal dari delapan negara, antara lain Australia, Inggris, Prancis, Amerika, Selandia Baru, dan Indonesia.

Pulau Nusa Penida dan Nusa Lembongan, Bali

Pesona pantai di Bali tentunya tidak perlu diragukan lagi dan selalu memikat siapa saja yang datang, termasuk para peselancar dunia. Tempat yang paling digemari untuk berselancar yaitu Nusa Penida dan Nusa Lembongan.

Perairan di Pulau Nusa Penida sendiri terkenal dengan kawasan menyelamnya di Penida Bay, Batu Lumbung, Manta Point, Batu Meling, Batu Abah, Toyapakeh, dan Malibu Point. Pada umumnya, surfer yang datang akan mencari spot tersendiri agar dapat menikmati ombak laut dengan asyik tanpa adanya gangguan dari orang lain. Selain Nusa Penida, tempat yang mempunyai gelombang ombak tinggi dan sangat cocok dijadikan tempat surfing yaitu Nusa Lembongan, yang terletak tak jauh dari Nusa penida.

Pulau Nias, Sumatera Utara

Bagi kalangan peselancar internasional, Pulau Nias juga dikenal mempunyai ombak yang cocok untuk berselancar. Gelombang ombaknya menggulung sempurna dengan tinggi yang mencapai 2-15 kaki. Pulau Nias menjadi popular di kalangan para surfer dunia karena terdapat dua spot surfing terbaik dunia yang disebut The Point dan Indicator. Keduanya tiada henti memperlihatkan rangkaian ombak yang luar biasa sepanjang tahun. Pulau ini juga terdapat karang yang banyak, tetapi tetap aman untuk kegiatan surfing. Lokasi surfing yang paling terkenal di pulau ini antara lain Pantai Sorake dan Lagundri.

Pantai Tanjung Setia, Lampung Barat

Pantai Tanjung Setia juga sudah popular di kalangan turis mancanegara. Pantai ini dijadikan sebagai salah satu tempat favorit dan terbaik di dunia untuk surfing. Ombak di pantai ini termasuk salah satu ombak tertinggi di dunia sebab langsung berhadapan dengan Samudera Hindia. Tinggi ombak di pantai ini dapat mencapai 6-7 meter dengan panjang 200 meter.

Pulau Nihiwatu, Sumba Barat

Pulau Nihiwatu berlokasi di Sumba Barat, Kepulauan Nusa Tenggara. Di pantai ini Anda dapat menikmati perpaduan antara alam yang cantik, budaya yang unik, keramahan penduduk lokal, dan juga sensasi mengendarai ombak yang menantang. Popular dengan julukan Left God Waves, pihak resort yang juga menjadi pengelola tunggal Pantai Nihiwatu membatasi hingga 10 orang surfer saja yang diperbolehkan mengendarai ombak Nihiwatu dalam satu hari. Hal ini dilakukan sebagai usaha untuk menjaga privasi dan juga keamanan pengunjung hotel lainnya.

Demikianlah penjelasan tentang lokasi surfing di Indonesia yang sangat direkomendasikan untuk dicoba. Berani datang?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi