Satu Data Indonesia Jadi Portal Data Nasional, 58 Persen Terhubung dengan Kementerian Lembaga

| 23 Dec 2022 15:51
Satu Data Indonesia Jadi Portal Data Nasional, 58 Persen Terhubung dengan Kementerian Lembaga
Tangkapan layar - Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan Bappenas ​​​​​​​Rudy S. Prawiradinata dalam Grand Launching SDI di Jakarta, Jumat (23/12/2022). ANTARA/Sanya Dinda

ERA.id - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) meluncurkan portal Satu Data Indonesia yang saat ini keterhubungannya dengan portal data Kementerian dan Lembaga sudah mencapai 58 persen.

“Portal Satu Data Indonesia sudah terhubungkan dengan 48 kementerian dan lembaga dari total 83 kementerian dan lembaga,” kata Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan Bappenas Rudy S. Prawiradinata dalam Grand Launching Portal Satu Data Indonesia di Jakarta dikutip dari Antara, Jumat (23/12/2022).

Pemerintah sudah melakukan lebih dari 800 sosialisasi dan asistensi terkait Satu Data Indonesia yang merupakan portal bagi pakai data nasional yang dibangun dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Keterhubungan SDI dengan provinsi sudah mencapai 68 persen atau SDI terhubung dengan data 26 provinsi dari 38 provinsi di Indonesia.

“Untuk keterhubungan dengan kabupaten dan kota masih relatif lebih rendah, yakni baru mencapai 18 persen, atau baru 95 kabupaten dan kota yang terhubung dengan SDI dari total 514 kabupaten atau kota yang ada di Indonesia,” imbuhnya.

Namun jumlah tersebut akan terus ditambah secara signifikan ke depan.

SDI telah melakukan inventarisasi terhadap lebih dari 136,5 ribu data set dan akan terus bertambah melalui komitmen dan dukungan pembina data yakni Badan Pusat Statistik, Badan Informasi Geospasial, dan Kementerian Keuangan.

SDI juga diyakini telah siap diselenggarakan baik di pusat dan daerah dengan nilai asesmen terhadap kesiapan penyelenggaraannya di pemerintah pusat mencapai 50 persen dan di pemerintah provinsi mencapai 62 persen.

“Dalam portal Satu Data Indonesia, ada fitur layanan tata kelola satu data Indonesia, yang akan menunjang permintaan data antar instansi, pelaksanaan forum satu data Indonesia, manajemen akses, dan manajemen keamanan,” imbuhnya.

Rekomendasi