H-2 Natal 2022, Tol Cipali Mulai Ramai Dilewati Kendaraan

| 23 Dec 2022 21:15
H-2 Natal 2022, Tol Cipali Mulai Ramai Dilewati Kendaraan
Gerbang Tol Palimanan (Antara)

ERA.id - Arus lalu lintas di jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dari arah jalan tol Jakarta-Cikampek mulai ramai memasuki musim libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Kepala Divisi Operasi ASTRA Tol Cipali, Sri Mulyo, di Subang, Jawa Barat, Jumat, menyebutkan, saat ini arus lalu lintas di jalan tol Cipali sudah cukup ramai. Bahkan terjadi peningkatan dibandingkan dengan waktu normal.

Ia menyampaikan, volume lalu lintas di jalan tol Cipali meningkat 56 persen dibandingkan dengan lalu lintas harian normal. "Hingga Jumat siang, arus lalu lintas libur Natal dan Tahun Baru tercatat dilintasi 20.456 kendaraan," kata dia.

Dikatakannya, ASTRA Tol Cipali menyiapkan fasilitas maksimal saat musim libur Natal dan Tahun Baru. Di antara fasilitas yang tersedia ialah terdapat delapan rest area di sepanjang ruas tol Cipali.

Menurut dia, untuk melayani pengguna jalan saat beristirahat, disediakan fasilitas toilet gratis di tempat istirahat. Selain itu, juga tersedia petugas layanan lalu lintas yang siaga 24 jam dalam membantu para pengguna jalan.

Ia mengingatkan agar pengendara memerhatikan tekanan ban serta kecepatan dalam berkendara, maksimal 100 km/jam dan minimal 60 km/jam. Sedangkan saat hujan, batas kecepatan kendaraan di jalan tol Cipali maksimal 70 km/jam. 

Sementara di jalur Pantura Karawang hingga Subang menuju arah Jawa dan sekitarnya, arus lalu lintas terpantau ramai oleh pengendara sepeda motor pemudik.

Polres Karawang mendirikan 12 pos pengamanan di Karawang, dalam melakukan pengamanan liburan Natal dan Tahun Baru.

"Sebanyak 12 pos pam itu didirikan di sepanjang jalur mudik wilayah Karawang," kata Kasatlantas Polres Karawang, AKP Laode Habibi Ade Jama, saat dihubungi di Karawang.

Menurut dia, pos pam tersebut disebar di sepanjang jalur mudik, mulai dari titik perbatasan Karawang-Bekasi hingga titik perbatasan Karawang-Subang.

Ratusan personel polisi akan dibantu personel lain yang terdiri atas TNI, PMI, komunitas, serta jajaran Pemkab Karawang. Untuk jumlah personel gabungan yang akan diturunkan mengamankan Natal dan Tahun Baru sebanyak 980 orang. (Ant)

Rekomendasi