Bantah Gerindra soal Sandiaga Pindah Partai, PPP: Kita Enggak Ada Niat Bajak Membajak

| 28 Dec 2022 21:42
Bantah Gerindra soal Sandiaga Pindah Partai, PPP: Kita Enggak Ada Niat Bajak Membajak
Sanidaga Uno (Antara)

ERA.id - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) membantah kabar Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno sebentar lagi akan menjadi kader partainya.

Dia mengaku, Sandiaga tidak pernah menyampaikan niatan ingin bergabung dengan partainya.

"Tidak ada," kata Ketua DPP PPP Achmad Baidowi alias Awiek kepada wartawan, Rabu (28/12/2022).

Terkait dengan kedekatan Sandiaga dengan PPP, menurut Awiek sejauh ini partainya hanya mengundang dalam kapasitas sebagai menteri pariwisata dan ekonomi kreatif (menparekraf).

Dia menegaskan, PPP tidak pernah sekalipun memiliki niatan membajak kader partai lain untuk masuk ke partainya.

"Kita enggak ada niat bajak membajak. Itu kita ke sana hanya untuk memastikan bahwa teman-teman di bawah undanganya beliau sebagai menteri pariwisata dan ekonomi kreatif," tegas Awiek.

Meski begitu, wakil ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI itu tak membantah bahwa kerap ada pertanyaan yang ditujukan kepada Sandiaga terkait dengan kesiapannya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Pertanyaan itu sering didengar saat Sandiaga sedang mengikuti acara PPP.

Namun, Awiek mengaku Sandiaga selalu menjawab bahwa siap menjadi calon presiden (capres) jika ditugaskan oleh partai. Adapun partai yang dimaksud yaitu Gerindra.

"Dalam perjalanannya ada yang menerikan, 'gimana bang untuk Pemilu 2024? Apakah jadi calon presiden lagi?'. Sebagai kader partai, dia (Sandiaga) siap-siap saja kalau dicalonkan partai, maksudnya Partai Gerindra," ucap Awiek.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno tak lama lagi bakal menjadi kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Dia mengaku mendapat kabar tersebut dari sejumlah anggota Fraksi PPP di DPR RI.

"Saya sudah mendengar kabar dari teman-teman Fraksi PPP bahwa Pak Sandi itu sebentar lagi sudah resmi menjadi anggota PPP," ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (28/12/2022).

Meski begitu, hingga saat ini belum ada tanda-tanda maupun surat resmi dari Sandiaga yang menyatakan mengundurkan diri dari Partai Gerindra.

Dia kembali menegaskan, kabar rencana kepindahan Sandiaga ke PPP baru sebatas dari rekan-rekan Fraksi PPP di parlemen.

"Ya saya baru denger dari teman2 fraksi PPP. Jadi silahkan ditanyakan ke yang bersangkutan, dan ditanyakan ke PPP," kata Dasco.

Sedangkan terkait dengan rencana niatan Sandiaga maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Dasco tak mau banyak bicara.

Menurutnya, urusan pencapresan Sandi tidak ada kaitannya dengan Partai Gerindra, melainkan dengan PPP.

"Kalau sudah memang resmi di PPP kan ya jangan ditanya ke Gerindra dong," imbuh Dasco.

Rekomendasi