Setelah Verifikasi Faktual Ulang, KPU Buka Peluang Partai Ummat Lolos Pemilu 2024

| 29 Dec 2022 19:10
Setelah Verifikasi Faktual Ulang, KPU Buka Peluang Partai Ummat Lolos Pemilu 2024
Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Hasyim Asy'ari (ANTARA/Putu Indah Savitri/am.)

ERA.id - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim ASy'ari mengatakan, peluang Partai Ummat lolos sebagai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sangat terbuka. Namun, pengumuman resmi akan disampaikan esok hari.

Menurut Hasyim, peluang itu terbuka sebab KPU daerah sudah menggelar rapat pleno hasil verifikasi faktual ulang atas Partai Ummat.

"Sangat mungkin (lolos Pemilu 2024). Karena tahapannya kan sudah rapat pleno hasil verifikasi faktual di kabupaten/kota, setelah itu di tingkat provinsi," kata Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis (29/12/2022).

Terkait dengan klaim Partai Ummat yang sudah mendeklarasikan diri lolos Pemilu 2024, Hasyim menilai itu hal yang biasa.

Menurutnya, sangat mungkin klaim itu dikeluarkan karena pihak Partai Ummat sudah mengetahui hasil verifikasi faktual di KPU daerah, khususnya dua provinsi yang sebelumnya menyatakan tidak memenuhi syarat.

"Mungkin sudah tahu hasil pleno verifikasi faktual di tingkat kabupaten kota dan provinsi," kata Hasyim.

"Sehingga kalau Partai Ummat sudah tahu duluan ya biasa," imbuhnya.

Sebelumnya, Partai Ummat mengklaim lolos sebagai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Sekretaris Majelis Syuro Partai Ummat Idrus Sambo mengaku mendapat kabar bahwa, dari hasil rapat pleno KPU Provinsi Sulawesi Utara dan Nusa Tenggara Timur (NTT) partainya dinyatakan memenuhi syarat verfikasi faktual ulang.

"Alhamdulillaah, hari ini pleno KPU propinsi Sulut dan NTT menyatakan bahwa Partai Ummat adalah memenuhi syarat dalam verifikasi faktual ulang 23-28 Des 2022, dengan demikian secara defacto, Partai Ummat lolos sebagai peserta pemilu 2024 nanti, Insyaallah," kata Sambo dalam keterangannya.

Namun, keputusan resmi terkait lolos atau tidaknya Partai Ummat sebagai peserta Pemilu 2024 baru akan diumumkan oleh KPU RI pada Jumat (30/12) siang. 

Rekomendasi