Jokowi Bakal Umumkan Nasib PPKM Hari ini

| 30 Dec 2022 12:05
Jokowi Bakal Umumkan Nasib PPKM Hari ini
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (1/12). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Kris)

ERA.id - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, nasib kelanjutan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akan diumumkan oleh Presiden Joko Widodo pada hari ini. Hal itu disampaikan usai menghadiri HUT ke-43 RSAB Harapan Kita, Jakarta Barat pada Kamis (29/12).

"Ada update (PPKM), Pak Presiden akan press conference hari Jumat. Jadi sama saya juga nanti," kata Budi dikutip pada Jumat (30/12/2022).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan akan menghentikan kebijakan PPKM seiring dengan membaiknya kondisi pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Dia mengatakan, dengan munculnya subvarian Covid-19, Indonesia terhitung cukup mampu mengendalikan pandemi tersebut. Sehingga, terbuka peluang PPKM akan dihentikan.

"Kemarin kasus harian kita berada di angka 1.200 dan mungkin akhir tahun kita akan menyatakan berhenti PSBB-PPKM," kata Jokowi, Rabu (21/12).

Nantinya, keputusan penghentian kebijakan PPKM akan dituangkan dalam Keputusan Presiden (Keppres).

Di tengah rencana penghentian PPKM, sejumlah negara lain mencatat kenaikan kasus Covid-19. Selain itu, Kementerian Kesehatan juga mencatat ada 15 kasus Covid-19 omicron subvarian BF.7 alias BA.5.2.1.7. Subvarian tersebut merupakan turunan dari BA.5.

Rekomendasi