KKB Papua Kembali Berulah, Serang Polres Yahukimo dan Pos Brimob di Akhir Tahun 2022

| 31 Dec 2022 12:46
KKB Papua Kembali Berulah, Serang Polres Yahukimo dan Pos Brimob di Akhir Tahun 2022
Ilustrasi (KKB)

ERA.id - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua kembali berulah di akhir tahun 2022 ini dengan melakukan penyerangan ke Polres Yahukimo dan Pos Brimob Kali Buatan, di Jl Gunung Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo.

"Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka, anggota di Kabupaten Yahukimo terus meningkatkan patroli di seputaran kota untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal, dalam keterangannya, Sabtu (31/12/2022).

Kamal menjelaskan rangkaian penembakan itu pertama terjadi di Pos Penjagaan SPKT Polres Yahukimo, Jumat (30/12) sekira pukul 22.35 WIT. Kejadian berawal ketika ada warga yang melintas menggunakan motor membawa anak-anak dari arah Kota Dekai hingga ke persimpangan di depan Polres Yahukimo. Pengendara ini lalu memutar balik kembali ke arah Bundaran Jam Kota Dekai.

"Saat melintas di depan pos penjagaan SPKT Polres Yahukimo saksi melihat pengendara motor tersebut berhenti dan terdengar bunyi letusan senjata api sebanyak satu kali mengarah pada pagar gapura Mapolres Yahukimo dan juga adanya pantulan rekoset mengarah pada dinding sebelah kiri Pos Penjagaan SPKT Polres Yahukimo," ujar Kamal.

Kamal menjelaskan pengendara motor itu melarikan diri usai meletuskan satu kali tembakan. Kemudian pada Sabtu (31/12) sekitar pukul 05.28 WIT, sambungnya, KKB kembali dan melakukan penembakan ke Pos Brimob Kali Buatan.

Salah satu anggota pun terkena tembakan, namun tak terluka. Sebab, peluru yang ditembakkan KKB ini hanya mengenai body vest personel.

"Penembakan dilakukan dari arah depan dan samping kiri secara bersamaan, dari arah depan sebanyak 6 kali tembakan tembus atap seng dan dinding pos depan dan juga satu proyektil mengenai satu anggota bagian depan Body vest tetapi tidak tembus bagian dada depan. Kemudian satu tembakan dari arah kiri terkena dinding Pos bagian kiri," kata Kamal.

Lebih lanjut Kamal menerangkan regu piket Jaga UKL Regu II yang dipimpin Kasat Sabhara Polres Yahukimo AKP Dolfinus Rumbrapuk langsung melakukan quick respon dan turun ke TKP. Penyisiran dilakukan untuk mencari KKB yang melakukan penembakan. KKB ini kabur usai melakukan penembakan.

Kamal pun mengungkapkan pasca kejadian tersebut situasi di Kota Dekai, Kabupaten Yahukimo, aman dan kondusif.

Rekomendasi