1 Anggota KKB Papua Ditangkap di Yahukimo, Busur dan Parang Disita

| 31 May 2023 12:12
1 Anggota KKB Papua Ditangkap di Yahukimo, Busur dan Parang Disita
Barang yang disita milik salah satu anggota KKB (Dok Istimewa)

ERA.id - Polres Yahukimo bersama Ops Damai Cartenz 2023 kembali mengamankan seorang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua, KB di salah satu rumah di perumahan Eselon 4, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Rabu (31/5/2023).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo menjelaskan KB ditangkap setelah aparat menggerebek salah satu rumah yang diduga merupakan tempat persembunyian KKB di Yahukimo.

"KB juga diketahui banyak terlibat dalam aksi-aksi kelompok kriminal bersenjata di Papua, salah yakni salah satunya penembakan anggota Brimob di KM 7 pada November 2022 lalu," kata Benny kepada wartawan, Rabu (31/5/2023).

Kapolres Yahukimo, AKBP Arief Kristanto menambahan penggerebekan itu hasil keterangan pentolan KKB yakni Kopi Tua Heluka (KTH) yang saat ini dalam proses penyidikan polisi.

Dalam penangkapan KB, aparat juga menyita sejumlah barang bukti berupa satu buah anak panah, busur, celana berwarna loreng, tas noken berwarna merah putih, gelang berwarna merah biru, HT, dua bilah parang, dan tiga kalung.

Usai ditangkap, KB dibawa di Polres Yahukimo untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

"KTH dan KB akan menjalani pengembangan penyidikan lebih lanjut guna keterkaitan para pelaku lainnya atas beberapa kasus tindak pidana yang terjadi di wilayah hukum Polres Yahukimo," ujar Arief.

Rekomendasi