Sambut Tahun Baru, Jokowi: Kita Menatap 2023 Dengan Tekad Bawa Indonesia Melangkah Maju

| 31 Dec 2022 21:13
Sambut Tahun Baru, Jokowi: Kita Menatap 2023 Dengan Tekad Bawa Indonesia Melangkah Maju
Presiden Joko Widodo (Instagram)

ERA.id - Presiden Joko Widodo mengunggah ucapan selamat Tahun Baru 2023 dan refleksi singkat peristiwa yang terjadi sepanjang tahun 2022 melalui akun Instagram @jokowi.

Dalam unggahannya, Jokowi menyampaikan bahwa banyak momen dan peristiwa yang patut dikenang, baik hal yang menggembirakan maupun yang kurang menyenangkan.

"Apa yang patut kita kenang dari tahun 2022, tahun yang segera kita tinggalkan? Banyak. Ada yang menggembirakan, tak sedikit pula kabar yang kurang menyenangkan," tulis Jokowi, Sabtu (31/12/2022).

Dia lantas mengenang, 2022 menjadi tahun pembuktian keberhasilan Indonesia menangani pandemi Covid-19, menjadi tuan rumah Presidensi G20, hingga menghadapi resesi global.

Selain itu, situasi dan kondisi politik di dalam negeri sangat kondusif di tengah tahun politik, pembangunan dari berbagai sisi juga berjalan sesuai rencana.

"Kita cukup berhasil melewati masa-masa sulit pandemi can ancaman resesi, perekonomian kita tumbuh positif sepanjang tahun, pertemuan dan presidensi G20 berjalan baik, situasi politik dan keamanan dalam negeri yang kondusif, pembangunan infratruktur dan sumber daya manusia berjalan sesuai rencana, dan lain-lan," ucap Jokowi.

Di samping capaian yang menggembirakan, tahun 2022 juga diwarnai dengan beragam bencana alam seperti banjir, longsor, hingga gempa bumi di sejumlah daerah di Indonesia.

"Sementara itu, beberapa kawasan di negeri kita tahun ini dihentak bencana alam banjir, longsor, hingga gempa bumi," kata Jokowi.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, dengan beragam kabar yang datang dan pergi selama satu tahun ini merupakan sebuah pembelajaran, sekaligus menjadi perekat kesatuan.

Oleh karenanya, Jokowi mengajak seluruh pihak dan masyarakat untuk menatap tahun 2023 dengan tekad membawa Indonesia semakin maju.

"Dengan bekal itu semua, kita meninggalkan 2022 dan menatap 2023 dengan tekad untuk membawa Indonesia melangkah maju," pungkasnya.

Rekomendasi