Polisi Lakukan Pengamanan Berlapis Jaga Pertandingan Persib Lawan Persija di GBLA

| 10 Jan 2023 21:14
Polisi Lakukan Pengamanan Berlapis Jaga Pertandingan Persib Lawan Persija di GBLA
Stadion GBLA (Antara)

ERA.id - Pertandingan Persib Bandung melawan Persija Jakarta yang akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Rabu (11/1/2023) itu akan mendapatkan pengamanan berlapis hingga 4 ring.

Meski diberlakukan pengamanan berlapis, pihak kepolisian hanya akan mengamankan di luar ring 1. Sementara pengamanan di ring satu akan diamankan oleh Panitia Pelaksana (Panpel).

"Kita sudah rapatkan dengan panitia pelaksana, jadi di dalam sesuai dengan peraturan polisi, ring 1 menjadi tanggung jawab panitia pelaksana, dan mereka juga sudah siap," kata Karo Ops Polda Jawa Barat, Kombes Pol Budi Wasono, Selasa (10/1/2023).

Budi menjelaskan, pengamanan di ring 1 melibatkan 500 petugas dari panpel.

"Ada 500 yang disiapkan sehingga untuk keberadaan polisi ada di posisi ring 2, 3, dan 4," jelasnya

Kendati begitu, Budi menegaskan, polisi akan melakukan pengamanan dan merangsek ke Ring 1 dalam kondisi darurat. Namun, terdapat tiga tahap persiapan sebelum polisi masuk ke ring 1.

"Kan ada hijau, kuning dan merah. Begitu kuning, mereka sudah melaporkan kepada kita untuk dipersiapkan, begitu situasi tidak bisa dikendalikan atau situasi merah kita baru bisa masuk sesuai permintaan panitia pelaksana," tegasnya.

Selain mengamankan di luar ring satu, polisi akan menyaring orang yang akan masuk ke Stadion GBLA. Sehingga, orang yang masuk ke dalam area Stadion GBLA hanya yang mempunyai tiket.

"Kita sudah sepakati dengan panitia pelaksana, untuk yang tidak mempunyai tiket atau yang boleh masuk hanya yang mempunyai tiket," tuturnya.

Kemudian, suporter yang hendak menonton laga Persib kontra Persija juga akan diperiksa. Sebab, suporter tidak boleh membawa flyer atau api suar ke area Stadion GBLA.

"Kita sudah melakukan langkah-langkah antisipasi untuk besok," tutupnya.

Rekomendasi