Terungkap, Puan Beberkan Alasan Menanam Padi dengan Cara Maju: Bukan Mengarang-ngarang

| 13 Jan 2023 21:39
Terungkap, Puan Beberkan Alasan Menanam Padi dengan Cara Maju: Bukan Mengarang-ngarang
Puan Maharani ( Dok Istimewa)

ERA.id - Ketua DPR Puan Maharani akhirnya membeberkan alasannya menanam padi dengan cara maju.

Seperti diketahui, aksi menanam maju yang dilakukan Puan bersama beberapa petani di Desa Adat Sedang, Abiansemal, Kab Badung, Bali pada 2022 lalu viral dan menjadi cibiran netizen.

Melalui akun media sosialnya, Puan mengungkapkan menanam maju tersebut  mengikuti cara yang biasa digunakan petani di daerah itu.

"Saya nanya, ini menanamnya begini, Bu? Kata petani iya, karena dengan begini kerja kami lebih cepat. Mereka pasti lebih paham menanam padi daripada saya," kata Puan pada Jumat (13/1/2023).

Dia mengatakan cara menanam maju tersebut memang ada dan bukan mengarang-ngarang.

Sebelumnya, Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, kembali viral di media sosial. Gerakannya dinilai aneh saat menanam padi.

Puan dalam sebuah video pendek, memang terlihat bersama beberapa petani di Desa Adat Sedang, Abiansemal, Kab Badung, Bali. Entah kapan aksinya berlangsung, yang jelas, Puan mengunggah videonya hari ini, Kamis (29/9/2022)

Di sana, mereka kompak turun ke sawah. Uniknya, saat Puan mencoba menanam padi, dia bergerak maju. Tak seperti petani pada umumnya yang biasa dilihat, yakni menanam mundur alias tandur.

Alhasil, gerakan Puan ini dianggap sebagai lelucon. Dia pun tak habis disindir di Twitter. Banyak yang menilai, mestinya Puan bergerak mundur, bukan maju.

Setelah ditelusuri, ternyata gaya menanam Puan, bukanlah hal yang baru. Menurut seorang penyuluh pertanian di Indramayu, Jawa Barat, dalam dunia pertanian, gerakan Puan itu disebut tanju alias tanam maju.

Entah siapa yang mempopulerkan tanju, yang pasti, banyak keuntungan yang didapat dari cara tanju dibandingkan dengan teknik tanam dengan cara tandur.

Rekomendasi