Unik, Puan Bergerak Maju Saat Tanam Padi di Badung Bali, Pakai Cara Tanju?

| 29 Sep 2022 11:13
Unik, Puan Bergerak Maju Saat Tanam Padi di Badung Bali, Pakai Cara Tanju?
Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, saat bersama petani Desa Adat Sedang, Abiansemal, Kab Badung, Bali.

ERA.id - Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, kembali viral di media sosial. Gerakannya dinilai aneh saat menanam padi.

Puan dalam sebuah video pendek, memang terlihat bersama beberapa petani di Desa Adat Sedang, Abiansemal, Kab Badung, Bali. Entah kapan aksinya berlangsung, yang jelas, Puan mengunggah videonya hari ini, Kamis (29/9/2022)

Di sana, mereka kompak turun ke sawah. Uniknya, saat Puan mencoba menanam padi, dia bergerak maju. Tak seperti petani pada umumnya yang biasa dilihat, yakni menanam mundur alias tandur.

Alhasil, gerakan Puan ini dianggap sebagai lelucon. Dia pun tak habis disindir di Twitter. Banyak yang menilai, mestinya Puan bergerak mundur, bukan maju.

Setelah ditelusuri, ternyata gaya menanam Puan, bukanlah hal yang baru. Menurut seorang penyuluh pertanian di Indramayu, Jawa Barat, dalam dunia pertanian, gerakan Puan itu disebut tanju alias tanam maju.

Entah siapa yang mempopulerkan tanju, yang pasti, banyak keuntungan yang didapat dari cara tanju dibandingkan dengan teknik tanam dengan cara tandur.

Menurutnya, jika petani yang tanju bisa lebih cepat menanam bibit padinya dan lebih jelas melihat garis jarak tanam yang sebelumnya dibuat oleh petani menggunakan caplakan.

Alhasil, proses penanaman bibit padi juga lebih mudah serta lebih rapi. Terpenting, banyak petani yang merasa diuntungkan cara tanju, sebab membuat mereka tak gampang pegal.

Rekomendasi