Jadi Waketum Partai Golkar, Airlangga: Ridwan Kamil Punya Pengalaman Politik Praktis

| 19 Jan 2023 08:38
Jadi Waketum Partai Golkar, Airlangga: Ridwan Kamil Punya Pengalaman Politik Praktis
Ridwan Kamil (ERA.id)

ERA.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Emil langsung mendapatkan jabatan di struktur DPP Partai Golkar yaitu Wakil Ketua Umum bidang Penggalangan Pemilih dan Co-chair Badan Pemenangan Pemilu. Posisi itu langsung diberikan setelah Emil resmi menjadi kader partai berlambanng pohon beringin.

Meskipun masih 'anak baru', Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memiliki pertimbangan sebelum menempatkan Emil di jajaran elite partainya. Salah satunya yaitu Emil dinilai memiliki pengalaman politik praktis yang mumpuni.

"Pak Emil punya pengalaman beberapa kali mengikuti pemilu. Jadi punya pengalaman politik praktis yang cukup," kata Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Rabu (18/1/2023).

Menteri koordinator bidang perekonomian itu juga megklaim bahwa alasan dan pertimbangannya itu sudah disampaikan kepada elite Partai Golkar lainnya.

Hasilnya, mayoritas setuju Emil mendapatkan jabatan waketum. Terlebih, Partai Golkar memang butuh tim untuk memenangkan partainya di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Itu kami bicarakan dengan seluruh pengurus terbatas DPP dan sebagain besar menyetujuk Pak Emil dalam struktur di Partai Golkar," ucapnya.

Sementara Emil mengaku tidak pernah meminta jabatan apapun di Partai Golkar setelah resmi menjadi kader. Hal itu merupakan keputusan dari Airlangga dan DPP partai.

"Sebenarnya saya tidak meminta, terserah pak Airlangga. Tapi Pak Airlangga Berbaik hati menempatkan saya posisinya wakil ketua umum di penggalangan pemilih dan Co-chair Bappilu," ucapnya.

Dengan tugas barunya sebagai orang partai politik, Emil menjanjikan akan menggalang banyak anak muda berpolitik melalui Partai Golkar.

"Ya setelah hari ini, nanti bisa lihat banyak anak-anak muda akan menguning," ucapnya.

Terpisah, Ketua DPD Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily menambahkan, dengan posisi wakil ketua umum yang sekarang diisi oleh Emil, diharapkan pada Pemilu 2024 nanti partainya mampu memperoleh suara lebih banyak lagi.

Partai Golkar, kata Ace, tidak hanya manargetkan peningkatan suara pemilih di Jawa Barat saja, tetapi juga di seluruh Pulau Jawa.

"Kita harapkan ini menjadi amunisi bagi Partai Golkar. Bukan hanya di Jawa Barat saja, tapi diseluruh pulau Jawa," kata Ace.

Selain itu, Partai Golkar juga berharap dengan bergabungnya Emil mampu menarik lebih banyak suara anak muda yang bakal menjadi pemililh pemilu pada pemilu mendatang.

"Secara spesifik nanti Pak Emil akan kita minta untuk melakukan penggalangan terhdap para pemilih, terutama para generasi muda," pungkasnya.

Rekomendasi