Puncak Libur Panjang Imlek 2023, Kawasan Wisata Lembang Diserbu Pelancong

| 23 Jan 2023 18:32
Puncak Libur Panjang Imlek 2023, Kawasan Wisata Lembang Diserbu Pelancong
Pemberlakuan satu jalur di kawasan wisata Lembang (Reza Deny/Era.id)

ERA.id - Arus lalu lintas kawasan objek wisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengalami sedikit kepadatan pada Senin (23/1/2022) yang merupakan puncak libur Imlek 2023.

Berdasarkan pantauan pada Senin siang, arus lalu lintas yang mengarah dari Bandung ke Lembang ramai lancar. Banyak kendaraan dengan plat nomor wilayah Jabotabek yang terpantau masuk kawasan wisata Lembang.

Kanit Gakkum Satlantas Polres Cimahi, Ipda Bayu Subakti mengatakan, untuk mengurai kepadatan di kawasan wisata Lembang pihaknya sudah menyiapkan skema atau Cara Bertindak (CB).

"Untuk mengurai kemacetan para wisatawan yang hendak menuju ke Lembang kami akan melaksanakan CB one way (satu arah) selenggal dari arah Bandung menuju Lembang," kata Bayu.

Namun, skema itu baru akan diterapkan jika kondisi lalu lintas mengalami kemacetan yang cukup parah. Polisi saat ini terus berjaga di kawasan wisata Lembang.

"Namun sifatnya situasional. Bilamana sudah terjadi kepadatan, roda tidak bergerak kami akan melaksanakan CB tereebut," kata Bayu.

Kepala Bidang Parisiwata pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kabupaten Bandung Barat, David Oot mengatakan, pada libur panjang yang bertetapan dengan moment Imlek ini memberikan keuntungan bagi para pelaku pariwisata di Bandung Barat.

"Memang momen libur panjang seperti ini jadi keuntungan. Dimana banyak wisatawan yang berkunjung ke objek wisata seperti Lembang," kata David.

Dia menerangkan, berdasarkan informasi yang diteirmanya dari para pengelola objek wisata, ada kenaikan hingga 25 persen kunjungan pada libur panjang kali ini.

"Perkiraan kenaikan jumlah pengunjung sekitar 20 sampai 25 persen dari weekend pekan yang lalu," terangnya.

Rekomendasi