Menteri PUPR Bersyukur Pj Gubernur DKI Berupaya Atasi Banjir Jakarta: Masalahnya Enam Tahun Nggak Diapa-apain

| 24 Jan 2023 15:46
Menteri PUPR Bersyukur Pj Gubernur DKI Berupaya Atasi Banjir Jakarta: Masalahnya Enam Tahun Nggak Diapa-apain
Menteri PUPR, Nasuki Hadimuljono (Antara)

ERA.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengaku bersyukur Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menghidupkan kembali upaya mengatasi banjir di Ibu Kota Jakarta.

"Sekarang alhamdulillah ada Pak Heru, ini (upaya mengatasi banjir di Jakarta) mulai dikerjakan lagi," kata Basuki usai mendampingi Jokowi meninjau proyek sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur di Jakarta Timur, Selasa.

Menurut Basuki, berbagai langkah yang dilakukan pemerintah saat ini untuk mengatasi banjir, seperti normalisasi kali, pembangunan sodetan, pembangunan waduk hingga pemasangan pompa-pompa, bertujuan untuk mengurangi banjir di Ibu Kota Jakarta.

"Pasti banyak berkurang, bukan bebas banjir, tapi pasti banyak berkurang dari hulu, tengah, hilir," tambahnya.

Jika semua langkah mengatasi dan mengantisipasi banjir dilakukan sejak dulu, lanjutnya, maka hal itu akan mengurangi banjir di DKI Jakarta.

"Kalau itu konsisten dilakukan dari dulu, pasti sudah berkurang; yang masalahnya tadi kan enam tahun nggak di apa-apain, normalisasi nggak di apa-apain, sodetan nggak di apa-apain," ujar Basuki.

Dengan kepemimpinan Heru di DKI Jakarta, Basuki mengaku upaya-upaya mengatasi banjir kembali dilakukan, sehingga dapat mengurangi potensi banjir.

Rekomendasi