PKB: NasDem Bisa Bubar dengan Demokrat-PKS atau Gabung Kita dan Gerindra

| 26 Jan 2023 17:20
PKB: NasDem Bisa Bubar dengan Demokrat-PKS atau Gabung Kita dan Gerindra
Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai NasDem Ahmad Ali (kedua kiri) di Sekber Gerindra-PKB, Jakarta Pusat, Kamis (26/1/2023). (Antara)

ERA.id - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Syaiful Huda menilai, peluang Partai NasDem bergabung dengan koalisi partainya dengan Partai Gerindra sangat terbuka. Alasannya, Partai NasDem belum resmi berkoalisi dengan Partai Demokrat dan PKS.

"Kita tahu NasDem belum membikin koalisi, bangun koalisi. Bisa saja koalisi dengan partai yang sudah gabung koalisi, termasuk dengan PKB-Gerindra," kata Huda di Kantor Sekretariat Bersama (Sekber) Gerindra-PKB, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (26/1/2023).

Huda lantas menyinggung pertemuan Gerindra-PKB dengan NasDem. Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali sempat mengatakan bahwa politik itu dinamis.

Hal itu kemudian diartikan bahwa NasDem bisa saja batal berkoalisi dengan Demokrat dan PKS seperti yang digadang-gadang selama ini.

"Politik kita dinamis. Dan peluang bergabung dan berpisah atau bubar dari konsolidasi yang sekarang itu sangat memungkinkan," kata Huda.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali membantah kunjungan partainya ke Kantor Sekretariat Bersama (Sekber) Partai Gerindra untuk mencari koalisi alternatif.

Dia memastikan komunikasi Partai NasDem dengan Partai Demokrat dan PKS masih berjalan baik. Bahkan Koalisi Perubahan sudah dipastikan akan terbentuk.

"Hari ini kami belum berpikir untuk mencari alternatif, karena pembicaraan kami dengan PKS dan Demokrat juga sangat serius dan juga hampir rampung," kata Ali.

Rekomendasi