Pertemuan Prabowo-Surya Paloh di Hambalang Ternyata Membahas Penggabungan Koalisi

| 07 Mar 2023 08:48
Pertemuan Prabowo-Surya Paloh di Hambalang Ternyata Membahas Penggabungan Koalisi
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu.

ERA.id - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh sempat membicarakan soal penggabungan koalisi di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Sentul, Jawa Barat pada akhir pekan lalu.

Hal itu diungkap Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. "Ya dalam pembicaraan berkembang. Ada juga soal apa namanya, gabung menggabungkan (koalisi), lalu kemudian jodoh menjodohkan, itu kan biasa," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (6/3/2023).

Meski begitu, dalam pertemuan tersebut, kedua ketua umum partai politik itu sepakat untuk saling menghormati keputusan politik masing-masing.

Kedunya juga sepakat untuk menciptakan suasana yang sejuk sepanjang tahun politik, meski dalam koalisi yang berbeda.

"Tapi di akhirnya kemudian kita sudah sepakat kemarin, kita akan terus berkomunikasi dan kita akan menjaga iklim yang sejuk dalam Pileg dan Pilpres walaupun kita dalam koalisi yang berbeda," tegas Dasco.

Diketahui, jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Partai Gerindra telah menjalin kerja sama dan membentuk koalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sementara Partai NasDem bakal membentuk Koalisi Perubahan bersama Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Koalisi Perubahan nantinya kompak mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sementara Koalisi Gerindra-PKB belum menentukan pasangan calon untuk diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menghormati keputusan Surya Paloh yang telah mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden dari Partai NasDem bersama Partai Demokrat dan PKS.

"Kita akan menghormati apapun keputusan politik Pak Surya dengan NasDem. Sebagai sahabat kita hormati apapun keputusan politik. Mereka pun akan menghormati keputusan politik kami. Koalisi itu bagian dari keputusan politik," ujar Prabowo saat konferensi pers usai menerima kunjungan Surya Paloh di Padepokan Garuda Yaksa Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/3).

"Tadi saya sudah sampaikan, dalam pembicaraan yang intensif dan luas, kita sepakat kita akan menghormati keputusan politik masing masing dan bertekad akan melakukan komunikasi yang lebih erat dan lebih intensif. Kalaupun Anies sudah jadi keputusan politik NasDem, ya kita hormati," kata Prabowo.

Menteri Pertahanan RI itu menyebutkan bahwa dalam pertemuannya dengan durasi sekitar dua jam itu, dirinya sepakat dengan Surya Paloh untuk menjaga suasana yang damai.

Rekomendasi