DPP PPP Sayangkan Pengunduran Anak Haji Lulung dari Kepengurusan Partai

| 30 Jan 2023 10:01
DPP PPP Sayangkan Pengunduran Anak Haji Lulung dari Kepengurusan Partai
Putra Abraham Lunggana alias Lulung, Guntur Tirta Lunggana. (Gabriella/ERA.id)

ERA.id - DPP PPP membenarkan kabar pengunduran diri putra Abraham Lunggana alias Lulung, Guntur Tirta Lunggana sebagai pengurus partai.

Sekretaris Jenderal PPP Arwani Thomafi mengatakan, pengunduran diri Tirta sebagai pengurus sudah disampaikan secara tertulis maupun lisan.

"Betul, Mas Tirta sudah menyampaikan pengunduran diri dari DPW baik secara lisan, bertemu secara langsung dengan saya maupun juga tertulis melalui surat," kata Arwani kepada wartawan, Senin (30/1/2023).

Tengtunya, DPP PPP sangat menyayangkan keputusan Tirta dari kepengurusan partai. Sebab dinilai sudah banyak berjasa di DPW DKI.

Meskipun memahami keputusan tersebut adalah hak politik, namun Arwani berharap Tirta mempertimbangkan kembali keputusannya.

"Ketika menyampaikan secara langsung, ya sampaikan diini lagi lah. Beliau kan orang baik, kerjanya juga selama ini banyak persiapan tahapan DPW," katanya.

Meski begitu, DPP PPP akan segera menindaklanjuti pengunduran Tirta dari jabatan sekretaris DPW PPP DKI Jakarta. PPP juga akan mencari penggantinya.

"Segera. Sesuai mekanisme organisasi, pengunduran diri mas Tirta dari DPW ini segera ditindaklanjuti," kata Artwani.

Lebih lanjut, dia meluruskan prihal pencopotan Tirta dari Ketua DPW DKI dan digeser ke jabatan sekretaris.

Dia menjelaskan, pergantian itu merupakan tindak lanjut keputusan Mahkamah Partai yang membatalkan SK pengurus PPP sebelumnya. Formatur membuat susunan keputusan salah satunya mengangkat Syaiful Rahmat menjadi ketua DPW DKI Jakarta.

Arwani mengatakan, keputusan tersebut sudah dibicarakan langsung dengan Tirta.

"Mas Tirta nggak ada di formatur itu, tapi atas kebijaksanaan DPP mas Tirta diajak ngobrol komunikasi. Salah satu bentuk komunikasinya mas Tirta sama mas Syaiful bersama wakil ketua majelis syariah waktu itu adalah komunikasi itu, nggak betul kalau sama sekali nggak ada komunikasi. Mas Tirta minta ini dipindah ke sini, jangan di sini itu kita sempat ada perubahan SK," ujarnya.

Sebelumnya, Putra politisi senior PPP Abraham Lunggana alias Lulung, Guntur Tirta Lunggana mengaku telah mengajukan pengunduran diri sebagai pengurus di partai berlambang Ka'bah.

Keputusan itu dipicu setelah DPP PPP mencopot Tirta dari posisi Ketua DPW DKI PPP dan dipindah ke jabatan sekretaris.

"Saya itu sudah mengundurkan diri menjadi pengurus," kata Tirta di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Minggu (29/1).

Dia lantas mengaku sakit hati atas pergantian kepengurusan di tingkat DPW. Sebab, tidak ada komunikasi sebelumnnya dengan para pengurus yang diganti.

"Sudah diteruma, tinggal belum ada respon. Karena menurut saya itu sangat menyakitkan bahwa ada pergantian dari Majelis Syariah itu ada ulama, habaib itu diganti dan tidak ada komunikasi. Menurut saya itu sebagai hinaan," tegasnya.

Lebih lanjut, Tirta mengaku tidak mengetahui alasan DPP PPP melakukan pergantian pengurus. Dia juga tidak bisa menjawab apakah alasanya itu karena dirinya terang-terangan mendukung Anies Baswedan untuk menjadi calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Apa terkait saya dukung Anies atau tidak, itu tergantung DPP sebenernya. Karena SK kan yang bisa nyoret-nyoret itu DPP, bukan DPW," kata Tirta.

Rekomendasi