Kumpulkan Petani, PDIP Singgung Ada Partai yang Hobi Impor

| 03 Feb 2023 12:24
Kumpulkan Petani, PDIP Singgung Ada Partai yang Hobi Impor
Hasto Kristiyanto (Dok. PDIP)

ERA.id - PDI Perjuangan menyinggung ada partai politik yang hobinya mengimpor bahan pangan. Akibatnya, Indonesia tak bisa berdaulat di bidang pangan.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto saat membuka Seminar Nasional Daulat Pangan Wujudkan Kesejahteraan Petani dan Konsolidasi Progam Mari Sejahterakan Petani (MSP) di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Kegiatan ini dihadiri petani dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung.

"Ada partai yang hobinya mengimpor pangan," kata Hasto, Jumat (3/2/2023).

Padahal, menurut Hasto, banyak produksi seperti bibit padi hingga kedelai yang dihasilkan oleh anak bangsa. Salah satunya, bibit padi MSP 65 yang bisa dipanen selama 65 hari.

Hanya saja, PDIP tak bisa berbuat banyak terkait penggunaan bibit buatan anak bangsa. Penyebabnya, tiap keputusan di pemerintahan harus diambil dari berbagai partai yang sering berbeda kepentingan.

"Kalau kita punya spirit Indonesia berdaulat di bidang pangan, berdikari di bidang pangan maka tanpa melalui impor seharusnya kita bisa memproduksi pangan oleh anak-anak bangsa, petani-petani di Indonesia," kata Hasto.

Sementara Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Koperasi dan UMKM Mindo Sianipar mendorong benih hasil anak bangsa harus mendapat perhatian dari Kementerian Pertanian. Penyebaran diharapkan bisa dilakukan secara luas agar banyak petani yang bisa mengakses.

"Tadi harapan petani MSP supaya diberi akses keluasaan untuk Kementerian Pertanian merilisnya sehingga semakin banyak orang yang mengunakan dari hasil perani sendiri," kata Mindo.

Rekomendasi