Kementan: Stok Bawang Merah dan Cabai Jelang Puasa dan Lebaran Idul Fitri 2023 Aman

| 11 Feb 2023 08:35
Kementan: Stok Bawang Merah dan Cabai Jelang Puasa dan Lebaran Idul Fitri 2023 Aman
Bawang merah. (Antara)

ERA.id - Stok bawang merah dan cabai menjelang puasa dan Lebaran 2023 cukup aman, melihat hasil panen di lapangan, kata Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Kementerian Pertanian Andi Muhammad Idil Fitri.

"Alhamdulillah setelah saya melihat di lokasi, ada panen luar biasa di Temanggung-Wonosobo," kata Andi Muhammad usai panen dan meninjau gudang pascapanen milik Koperasi Produsen Tawon Sindoro Sumbing di Temanggung, Jawa Tengah, Jumat (10/2/2023).

Ia menuturkan panen bawang merah, bawang putih dan cabai, cukup untuk mensuplai kebutuhan di Jabodetabek bahkan sampai ke Sumatera.

"Hal ini untuk stabilisasi harga dan ketersediaan bawang merah, bawang putih dan cabai sehingga menjelang bulan puasa dan Lebaran 2023 insyaallah persediaan aman," katanya.

Ia menyampaikan selain Temanggung dan Wonosobo, juga ada di beberapa sentra yang lain, khusus untuk cabai ada di 11 lokasi, kemudian bawang merah ada di 17 lokasi termasuk Temanggung dan Wonosobo.

Andi menyampaikan di beberapa tempat memang ada fluktuasi harga, tetapi sekarang cenderung menurun, harga bawang merah sudah menurun.

"Harapannya akan menurun terus sehingga terjangkau daya beli masyarakat," katanya.

Ketua Kelompok Tani Agrapana Jaya Bansari, Kabupaten Temanggung Siswanto mengatakan hasil panen bawang merah cukup stabil meskipun curah hujan tinggi, yakni di angka 12 hingga 13 ton per hektare.

Ia menyebutkan harga bawang merah dalam satu pekan terakhir cenderung turun. Di tingkat petani, harga bawang merah basah saat ini berkisar Rp14.000-Rp15.000 per kilogram yang sebelumnya sampai Rp22.000 per kilogram. (Ant)

Menurut dia, turunnya harga tersebut karena memasuki masa panen, khususnya di sentra "food estate" (FE) Temanggung.

"Sampai bulan Maret 2023 kami akan panen lebih banyak," katanya.

Siswanto menuturkan rencana panen dari mitra Koperasi Produsen Tawon Sindoro Sumbing sekitar 47 hektare. Kemudian dari petani yang tanam secara mandiri lebih banyak ada sekitar 200 sampai 300 hektare di Kabupaten Temanggung.

Kemudian untuk harga cabai juga stabil, harga di tingkat petani untuk cabai keriting Rp29.000 per kilogram, cabai rawit merah Rp39.000 per kilogram.

Menurut dia produksi cabai cukup banyak, di Bansari saja ada sekitar 100 hektare lebih tanaman cabai. (Ant)

Rekomendasi