Tak Wajib Pakai Masker Setelah PPKM Dicabut, Jokowi: Enggak Salah Kalau Dianggap Sakit

| 23 Feb 2023 10:45
Tak Wajib Pakai Masker Setelah PPKM Dicabut, Jokowi: Enggak Salah Kalau Dianggap Sakit
Jokowi melepas masker (Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah telah mencabut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada akhir 2022 lalu.

Sehingga tak terlalu salah jika penggunaan masker sering dianggap seperti orang sakit. Hal itu disampaikan saat membuka Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023).

"Saya ingin mengingatkan kembali bahwa PPKM telah dicabut di akhir 2022 yang lalu, jadi kalau tadi Pak Gubernur Kaltim menyampaikan yanng pakai masker itu dianggap agak sakit, enggak salah pak Gub, enggak salah, karena memang PPKM sudah dicabut," kata Jokowi.

Penggunaan masker pasca PPKM, kata Jokowi, tak lagi diwajiban baik di dalam maupun luar ruangan. Namun, jika ada masyarakat yang tetap menggunakan masker pun tak masalah. Sebab hal itu bertujuan untuk menjaga kesehatan.

"Apalagi di luar ruangan, itu sudah tidak wajib pakai masker. Tetapi di dalam ruangan kalau ada yang masih pakai masker juga tetap diperbolehkan demi kesehatan," kata Jokowi.

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, para gubernur diharapkan dapat meningkatkan konsumsi masyarakat pasca pencabutan PPKM terlebih di tahun 2023.

"Kita harapkan nanti di 2023 ini konsumsi masyarakat, belanja masyarakat itu akan mengalami kenaikan yang itu akan memunculkan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik," kata Jokowi.

"Kewajiban para gubernur adalah bagaimana menjaga agar konsumsi rumah tangga itu terjaga dan meningkat," pungkasnya.

Rekomendasi