PKS Sebut Gubernur Jatim Khofifah Berpeluang Jadi Cawapres Anies, Kalian Setuju?

| 28 Feb 2023 07:00
PKS Sebut Gubernur Jatim Khofifah Berpeluang Jadi Cawapres Anies, Kalian Setuju?
Khofifah (Antara)

ERA.id - Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid mengatakan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa merupakan salah satu tokoh potensial menjadi calon wakil presiden untuk mendampingi Anies Baswedan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Menurutnya, Khofifah mampu menambah suara untuk memenangkan Anies. Sebab, selain menjabat sebagai kepala daerah, dia juga berlatar belakang dekat dengan kalangan Nahdlatul Ulama (NU).

"Potensi beliau dengan posisi beliau sebagai gubernur Jawa Timur dan juga pimpinan muslimat NU tentu juga itu potensi yang memenuhi kriteria PKS untuk mungkin menghadirkan pemenangan bagi Pak Anies," kaya Hidayat kepada wartawan, Senin (27/2/2023).

Selain itu, Khofifah juga dinilai seagai sosok pemimpin yang yang memiliki visi yang baik dan mampu menghadirkan rekonsiliasi terhadap bangsa.

"Jadi potensi (menjadi cawapres Anies) itu memang ada," kata Hidayat.

Meski begitu, PKS tak memaksa untuk mengusulkan nama cawapres. Sebab, sesuai kesepakatan dengan partai pengusung Anies lainnya, soal cawapres diserahkan sepenuhnya kepada calon presiden.

PKS dan Partai NasDem serta Partai Demokrat meyakini, Anies bakal memilih calon terbaik untuk mendampinginya di Pilpres 2024.

"Kita kan sudah sepakat dengan mitra koalisi bahwa kita akan membahas itu secara bersama kemudian dengan ak Anies," ucapnya.

"Pada akhirnya chemistry yang terbaik dengan Pak Anies itu yang mana, nanti kita harus kita pertimbangkan," pungkasnya.

Rekomendasi