Pengamat Menilai Cawapres KIB Mengarah ke Erick Thohir

| 09 Mar 2023 15:58
Pengamat Menilai Cawapres KIB Mengarah ke Erick Thohir
KIB (Antara)

ERA.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dinilai akan jadi tokoh yang diusung Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sebagai calon wakil presiden (cawapres) di Pemilu 2024 mendatang.

Pengamat politik Ujang Komarudin mengatakan sosok Erick Thohir punya potensi lebih besar jika dibandingkan dengan nama-nama lain yang masuk ke dalam radar KIB sebagai cawapres.

Menurut Ujang, bila dibandingkan dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, nama Erick Thohir dinilai yang terkuat. Sebab, Erick dekat dengan Presiden Joko Widodo.

"KIB mengarah kepada Pak Erick Thohir, ada kedekatan dengan PAN dan PPP. Maka yang muncul bukan nama Airlangga cawapresnya atau nama-nama lain, tapi Pak Erick Thohir," ujar Ujang, Kamis (9/3/2023).

Lebih lanjut Ujang mengatakan Ketua Umum PSSI itu mampu disandingkan dengan capres potensial saat ini seperti Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo atau Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Sementara itu usulan mengusung Erick juga diterima oleh Presiden Jokowi. Terbukti, saat nama Erick Thohir muncul sebagai cawapres oleh PAN ketika menjodohkan Ganjar–Erick, orang nomor satu di Indonesia tersebut semringah.

Presiden Jokowi hingga saat ini bahkan tidak menunjukkan resistensi atas usulan Erick Thohir sebagai cawapres pada kontestasi demokrasi mendatang.

"Skema Pak Erick itu kan kalau tidak bisa jadi cawapresnya Ganjar bisa jadi Prabowo, tapi saya melihatnya dukungan dari kekuasaan, Pak Jokowi ya," ujar Ujang.

Sosok Erick Thohir juga berpotensi diterima masyarakat usai didapuk sebagai Ketua Umum PSSI. Hal itu mengingat mayoritas masyarakat sangat menggemari olahraga kulit bundar ini.

Berbagai kalangan menyebut, Erick Thohir sudah mengambil keputusan tepat maju di bursa Ketum PSSI. Kondisi tersebut turut diperkuat dengan niat membenahi persoalan persepakbolaan di Tanah Air.

Rekomendasi