Pesan Terakhir Moeldoko di Depan Pusara Mendiang Istrinya

| 12 Mar 2023 15:50
Pesan Terakhir Moeldoko di Depan Pusara Mendiang Istrinya
KSP Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menimbunkan tanah ke makam istrinya, Koesni Harningsih di TMP Bahagia, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (12/3/2023). (Antara)

ERA.id - Istri Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko, Koesni Harningsih dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bahagia, Bahagia Ciledug, Tangerang Selatan, Minggu (12/3/2023) siang.

Terpantau, peti jenazah almarhumah sudah diselimuti bendera merah putih. Istri Moeldoko ini dimakamkan secara militer.

Usai upacara militer, dilanjutkan dengan prosesi tabur bunga oleh pihak keluarga. Suasana haru begitu terasa dalam prosesi pemakaman ini.

Dengan tegar, Moeldoko menyampaikan perpisahan terakhir untuk istrinya. "24 September 1985 istri saya mendampingi saya selama tugas mendedikasikan hidupnya untuk prajurit-prajurit saya dan istrinya," kata Moeldoko.

Kepada seluruh orang yang hadir dalam proses pemakaman istrinya, mantan Panglima TNI ini memohon maaf apabila Koesni Harningsih memiliki kesalahan semasa hidupnya.

"Yang kedua saya memohonkan maaf apabila selama perjalanan hidupnya, almarhum melakukan kesalahan. Sekali lagi saya mohon maaf," ucap Moeldoko

Moeldoko dan Koesni Harningsih menikah pada 1985 dan dari pernikahan tersebut, keduanya dikaruniai dua anak yakni Randy Bimantara dan Joanina Rachma.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama istrinya, Iriana Jokowi datang ke rumah Moeldoko. Kedatangan Jokowi untuk melayat atas meninggalnya Koesni Harningsih.

Jokowi tiba di rumah duka di Jalan Terusan Lembang, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat (Jakpus) sekira pukul 11.46 WIB. Mereka berdua langsung masuk ke dalam rumah duka ketika tiba dan tak mengucap sepatah kata apapun ke awak media.

Sekira pukul 12.33 WIB, jenazah istri Moeldoko dibawa keluar dari rumah duka untuk dimakamkan di TMP Bahagia. Jokowi bersama Iriana melepas kepergian istri Moeldoko dari rumah duka.

Rekomendasi